Berita Banjarmasin

UPZ Bakti Bersama Hasnur Group Resmi Beroperasi, Begini Harapan Ketua BAZNAS Kalsel

yayasan Hasnur Centre bekerjasama dengan BAZNAS Kalsel membentuk UPZ di Hasnur Centre

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Penandatanganan kerjasama BAZNAS Kalsel dengan Yayasan Hasnur Centre, Jumat (9/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menerima perjanjian kerjasama pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di perusahaan swasta.

Kali ini ada yayasan Hasnur Centre yang bekerjasama dengan BAZNAS Kalsel membentuk UPZ di Hasnur Centre Jumat (9/9/2022).

Ketua BAZNAS Kalsel, Irhamsyah Safari pembentukan UPZ tersebut merupakan upaya mempermudah pengumpulan zakat oleh BAZNAS Kalsel.

UPZ sendiri bertugas mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan serta melaporkan hasil kegiatan pengumpulan hingga pendayagunaan zakat, infaq dan sedekah.

"Pembentukan UPZ di perusahaan swasta ini merupakan awal kerjasama positif yang harapannya kebermanfaatannya nanti bisa lebih luas di masyarakat," katanya.

Baca juga: Dukung Program Keumatan, Shafwah Holidays dan BAZNAS Kalsel Bersinergi Galang Dana ZIS

Baca juga: Lakukan Kunjungan Silaturahmi, Baznas Kalsel Serahkan SK Perpanjangan UPZ Bank Kalsel

Pembentukan UPZ di perusahaan swasta ujar Irhamsyah ingin dimaksimalkan. Terlebih melalui UPZ perusahaan dapat mengarahkan dana CSR, pengumpulan infaq, zakat serta sedekah.

"Sesuai dengan ketentuan, zakat, infaq dan sedekah, UPZ lah yang bisa memungut itu, di luar itu yayasan di bawah Dinas Sosial, atau Lembaga Amil Zakat, tapi lembaga zakat struktural pemerintah adalah BAZNAS," ujarnya.

Dengan adanya UPZ tambah Irhamsyah akan memudahkan perusahaan dalam pengumpulan dana CSR, zakat, infaq dan sedekah untuk kebermanfaatan yang lebih luas.

"Dengan kerjasama ini maka UPZ yang dibentuk ini nantinya menjadi UPZ BAZNAS Kalsel Bakti Bersama Hasnur Group," katanya.

Terkait jumlah UPZ di perusahaan swasta kata Irhamsyah kini memang masih sedikit dibandingkan UPT di SKPD ataupun perusahaan pemerintah. Pasalnya untuk di SKPD sudah ada instruksi dari Gubernur Kalsel.

Baca juga: Launching Empowering Disability, Forkesi Banjarbaru dan Baznas Kalsel Berdayakan Para Difabel

Sementara Ketua UPZ Bakti Bersama Hasnur Group Yayasan Hasnur Centre, Maulan mengatakan dengan adanya UPZ nantinya zakat perusahaan, karyawan, dan zakat donasi bisa disalurkan ke UPZ. 

"Dengan kerjasama ini maka UPZ Bakti Bersama resmi beroperasi," ujarnya.

Dengan adanya kerjasama dengan BAZNAS Kalsel kata Maulana maka pengumpulan zakat di yayasan bisa lebih tersistem dan terarah. (Banjarmasinpost.co.id / Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved