Yayasan Adaro Bangun Negeri

Mahasiswa POLANKA Terjun ke Kabupaten Balangan untuk Dukung Penanganan Stunting

Mahasiswa Politeknik Unggulan Kalimantan (POLANKA) Banjarmasin diterjunkan ke Balangan, 9 September-7 Oktober 2022 untuk bantu atasi kasus stunting.

YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI
Acara pembekalan dan pelepasan mahasiswa di Gedung Politeknik Unggulan Kalimantan (POLANKA) Banjarmasin untuk menjalani Program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (10/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mahasiswa Politeknik Unggulan Kalimantan (POLANKA) Banjarmasin mengikuti praktik pemberdayaan masyarakat guna mendukung penanganan stunting di Kabupaten Balangan.

Program pembelajaran yang dikemas dalam Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) ini bersinergi dengan kegiatan CSR yang dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Harapan yang mengemuka adalah memperkuat upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Balangan, yaitu Balanting, kepanjangan dari Balangan Lawan Stunting.

Disampaikan Zuraida Murdia Hamdie, Head of CSR Department Adaro Foundation, keterlibatan para mahasiswa ini wujud kepedulian mereka dalam program pemberdayaan masyarakat desa khususnya di Kabupaten Balangan.

"Saya ingin peserta praktik mampu menjadi agen perubahan melalui program ini dan semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekaligus pembelajaran bagi mahasiswa," jelas Zuraida saat acara pembekalan dan pelepasan mahasiswa di Gedung POLANKA, Sabtu (10/9/2022).

kerja sama PKMD di Gedung POLANKA Banjarmasin Sabtu (10092022).
Penandatanganan kerja sama Program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Gedung Politeknik Unggulan Kalimantan (POLANKA) Banjarmasin, Sabtu (10/9/2022).

Keterlibatan para mahasiswa program studi Farmasi dan Fisioterapi ini bisa membantu melengkapi kolaborasi Adaro yang sebelumnya dilakukan dengan pemerintah, komunitas dan media.

Kerja sama dengan perguruan tinggi membuat Program Penanggulangan Stunting Adaro memenuhi prinsip Penta helix, sehingga diharapkan dapat menjawab berbagai masalah yang ditemukan di lapangan.

Ditambahkan Zuraida, pihaknya merasa senang karena kolaborasi dengan POLANKA melalui Program Praktisi Mengajar Kemendikbudristek tidak terbatas pada ruang kelas.

Namun juga, lanjut dia, memberikan kesempatan mahasiswa mengalami proses pemberdayaan masyarakat di desa-desa binaan CSR Adaro.

Kolaborasi ini pun ditandai dengan penandatanganan secara simbolis oleh Direktur Politeknik Unggulan Kalimantan Ners. Husin, SKep, MPH, dan Head of CSR Department Adaro Foundation, Zuraida Murdia Hamdie.

sambutan pada pembekalan dan pelepasan mahasiswa POLANKA Banjarmasin untuk menjalani PKMD.
Penyampaian sambutan pada acara pembekalan dan pelepasan mahasiswa di Gedung Politeknik Unggulan Kalimantan (POLANKA) Banjarmasin untuk menjalani Program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (10/9/2022).

Kerja sama ini mengenai praktik kesehatan kepada masyarakat di lima desa di Kabupaten Balangan sejak 19 September sampai 7 Oktober 2022.

Pada pelaksanaan praktik lapangan, mahasiswa akan langsung memberikan pembelajaran terkait pembangunan kesehatan masyarakat desa di Kabupaten Balangan dengan didampingi tim dari Adaro.

Sedangakan Husin berharap, kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya maupun kalangan mahasiswa, POLANKA dan Adaro.

Dengan waktu yang singkat ini, para mahasiswa diyakini mampu membuat perencanaan dan aksi yang nyata sampai tahap evaluasi, sehingga parktik selanjutnya bisa lebih baik lagi.

"Kami memohon dukungan dari tim Adaro berupa arahan kepada mahasiswa sehingga para mahasiswa POLANKA bisa belajar dan berlatih," jelasnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved