Berita Tabalong

Atasi Gejolak Harga Pasca Harga BBM Bersubsidi Naik, Pemrov Kalsel Gelar Pasar Murah di Tabalong

Pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Pengunjung saat berbelanja di pasar murah yang digelar di halaman Plaza Uma Iyah Tanjung Tabalong, Minggu (11/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Suasana berbeda terlihat di halaman Plaza Uma Iyah yang ada di Kota Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (11/9/2022) pagi.

Deretan stand yang menjual berbagai kebutuhan harian, mulai seperti, minyak goreng, telur, beras sayur, ikan segar dan lainnya ini, diserbu pengunjung yang berbelanja.

Pedagang berbagai kebutuhan harian ini sengaja dihadirkan  untuk meramaikan pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, H Bierhasani, mengatakan, pasar murah ini digelar untuk menyikapi adanya kenaikan harga BBM guna mengantisipasi adanya lonjakan harga kebutuhan pada beberapa hari ke depan.

Baca juga: Pasar Murah Telur di Pusat Kuliner Mabuun Tabalong, Transaksi Pakai QRIS Dapat Potongan Harga

Baca juga: Transaksi dengan QRIS, Pembeli di Pasar Murah Telur Pusat Kuliner Mabuun Tabalong Merasa Terbantu

Sehingga agar masyarakat tidak begitu terbebani dan bisa terbantu maka dilaksanakan pasar murah dengan harga yang dipastikan lebih terjangkau dari pasar biasa.

"Ini juga dalam rangka pengendalian inflasi di daerah, oleh sebab itu kita memilih strategi di masyarakat perkotaan untuk laksanakan pasar murah," tambahnya.

Masyarakat perkotaan dipilih, lanjut Bierhasani, karena sampel inflasi itu diambil dari pasar yang ada di tengah kota dan untuk Tabalong tepatnya di Pasar Tanjung.

Untuk itulah pada pasar murah yang digelar hanya satu hari ini disediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga, terutama barang yang jadi pendorong inflasi

"Kalau di Tabalong seperti telur, kemudian gas elpiji. Nanti ada operasi pasar gas elpiji. Kemudian yang kedepannya berpotensi inflasi seperti gula dan tepung," ujarnya.

Masih menurut Bierhasani, alasan Tabalong yang dipilih Pemprov Kalsel jadi sasaran pasar murah di antaranya karena Tabalong juga menjadi daerah penghitung angka inflasi daerah.

Baca juga: Atasi Harga Sembako Melonjak Pasca Harga BBM Naik, Pasar Murah Akan 34 Kali Digelar di Kalsel

Pasar murah di Tabalong ini dijadwalkan dilaksanakan setiap sebulan sekali hingga Desember nanti dan juga ditambah pelaksanaan dari Pemkab Tabalong sendiri.

"Mudah-mudahan kalau kali sebulan sekali, Tabalong sendiri bisa adakan bisa dua bulan sekali minimal. Sehingga beberapa bulan terakhir ini kita bisa benar-benar menjaga inflasi tetap stabil,"  katanya.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved