Berita Tanahlaut

Makam Tua di Imban Kabupaten Tanahlaut, Ditemukan Warga Sejak Belasan Tahun Silam

makam tua di Dusun Imban, Desa Bentokdarat, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalsel sudah diketahun belasan tahun lalu oleh warga

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani
MAKAM TUA - Penelusuran makam tua yang berada di area kebun karet PT Bridgestone di Dusun Imban oleh Komunitas Peduli Makam Al Khairat bersama warga setempat, Jumat (9/9/2002) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Keberadaan sejumlah makam tua di Dusun Imban, Desa Bentokdarat, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), ternyata telah cukup lama diketahui warga setempat.

Informasi dihimpun banjarmasinpost.co.id, Minggu (11/9/2022), warga Dusun Imban telah mengetahui keberadaan makam tua tersebut sejak belasan tahun lalu.

Setidaknya ada tiga lokasi makam tua di Dusun Imban di lingkungan RT 14 yang telah ditelusuri bersama Komunitas Peduli Makam Al Khairat (Banjarbaru), Jumat sore kemarin.

"Kami mengetahui adanya makam tua itu sejak tahun 2008 lalu," sebut Bahriyono, warga RT 10 Dusun Imban kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Makam Tua Kedua di ImbanTanahlaut, Ditemukan Pusara Pangeran Keturunan Srilanka dan Datu Daim

Baca juga: Makam Tua di Imban Tanahlaut, Pusara Terbesar Teridentifikasi Datu Hasan Keturunan Kerajaan Daha

Hanya saja, lanjutnya, selama ini perawatan memang belum dilakukan. Apalagi di antaranya berada di lokasi kebun milik perusahaan swasta (PT Bridgestone) sehingga tak sembarangan orang bisa masuk.

"Sebenarnya dulu kami sudah usul ke pihak perusahaan, minta bantu untuk difasilitasi melakukan perawatan, namun belum ada respons memadai. Alhamdulillah baru-baru ini ada respons," paparnya.

Karena itu pihaknya kemudian berupaya melakukan perawatan. Langkah pertama yakni meminta bantuan pihak Komunitas Peduli Makam Al Khairat untuk menelusuri makam- makam tua tersebut.

Tujuannya agar diketahui siapa saja yang dimakamkan di lokasi makam tua tersebut. Selain itu pihaknya juga mulai melakukan pembersihan di area makam tua setempat.

Baca juga: Makam Datu Panjang Pesayangan Martapura Misterius, Marbot Ini Sebut Tak Ada Yang Tahu Makam Siapa

Sekadar diketahui, di lokasi makam tua di lokasi kebun karet PT Bridgestone tersebut setidaknya ada dua makam yang telah teridentifikasi pada kegiatan penelusuran Jumat sore kemarin.

Pertama, yakni makam Datu Syarif Muhammad Hasan Thalib (103) yang wafat pada 1.086 masehi. Lalu, makam Pangeran Ahmad Iamnudin Saubari yang wafat 1792 masehi yang dulu sempat memimpin wilayah Tala (Maluka, Padangluas, Bawahlayung). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved