Berita Balangan

Pompa Intake PDAM Balangan di Gunung Pandau Terbakar, Tim Teknik Berjibaku Lakukan Pergantian

Terbakarnya pompa intake PDAM Balangan di IPA 1 Paringin, Gunung Pandau membuat distribusi air PDAM ke pelanggan terhambat

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Tim teknik PDAM Balangan menurunkan pompa intake PDAM untuk pergantian pompa yang sempat terbakar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Terbakarnya pompa intake PDAM Balangan di IPA 1 Paringin, Gunung Pandau, Balangan membuat distribusi air PDAM ke pelanggan terhambat, Minggu (11/9/2022).

Penanganan pompa ini dilakukan secara cepat oleh tim teknik di lapangan. Mereka melakukan pergantian terhadap pompa yang nantinya akan kembali dipasang untuk menyedot air. 

Tidak gampang untuk pergantian pompa tersebut. Para pekerja harus bekerjasama menurunkannya dari bantaran sungai hingga ke tempat pompa. Terlebih dilakukan secara manual dan dibutuhkan tenaga ekstra.

Dirut PDAM Kabupaten Balangan, Ari Widodo juga langsung melakukan monitoring ke lokasi. 

Baca juga: VIDEO Jalan Longsor di Desa Paran Kabupaten Balangan, PUPR Kalsel Akan Lakukan Pemeriksaan

Baca juga: Direktur PDAM Balangan Berganti, Bupati Harapkan Cepat Tanggap Keluhan Masyarakat

Ia memastikan penanganan jaringan PDAM bisa terlaksana secara lancar. 

Sementara itu,  pada kesempatan yang sama, Ari Widodo yang diwakili Kabag Teknik PDAM Kabupaten Balangan, Salihin menerangkan, pergantian pompa intake ini akan berlangsung hingga beberapa jam. Sehingga distribusi air ke pelanggan akan terhambat.

Selain itu pada wilayah tertentu, aliran air PDAM pun terhenti. 

Sementara terbakarnya pompa intake kata Salihin sudah terjadi sejak Sabtu (10/9/2022) sore. Namun penanganan dilakukan pada esok paginya, mengingat saat pergantian di waktu malam tidak memungkinkan. 

Distribusi air PDAM lanjutnya diprediksi akan kembali normal pada pukul 18.00 wita. Namun saat ini tekanan air masih rendah dan air yang mengalir pun tidak mampu sederas biasanya. Khususnya pada sebagian Kecamatan Paringin Selatan dan Paringin. 

"Kami berusaha semaksimal mungkin agar penanganan kerusakan pompa dilakukan secara cepat dan pelanggan bisa segera memanfaatkan air bersih dari PDAM," kata Salihin. 

Baca juga: Banjir Sempat Merendam Jalan Raya Mantuyan Kalsel, BPBD Balangan Sebut Cepat Surut

Pihaknya juga secara berkala melakukan pengecekan alat untuk penarikan air di sungai,  berikut alat pengolahan air baku. 

Kendati demikian, adanya kerusakan tidak bisa dipungkiri. Hanya saja kata Salihin, pihaknya sudah berupaya antisipasi kerusakan. Termasuk menyediakan alat cadangan. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved