Kriminalitas HSU

Mayat Perempuan di Sungai Karias Kabupaten HSU Kalsel, Ini Identitas dan Kronologis Penemuannya

Mayat perempuan di Sungai Bahadangan Desa Sungai Karias, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, adalah Mariam (81), warga Desa Karias Dalam.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
HUMAS POLRES HULU SUNGAI UTARA
Evakuasi mayat perempuan di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (12/9/2022) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Jasad perempuan terlihat mengapung di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (12/9/2022) siang.

Setelah penemuan pada sekitar pukul 11.00 Wita itu, dalam perkembangan, akhirnya bisa diketahui indentitas korban.

Kondisi jenazah yang sudah membengkak tersebut teridentifikasi bernama Mariam (81), warga Desa Karias Dalam RT 004, Kecamatan Banjang, Kabupten HSU, Kalsel.

Kepala Polres HSU, AKBP M Isharyadi Fitriawan, melalui Kasi Humas, Iptu Momo Jon Rodok, saat dikonfirmasi, membenarkan, identitas dari jasad perempuan yang sudah lansia tersebut.

Baca juga: Geger Temuan Mayat Perempuan Mengapung di Sungai Karias Hulu Sungai Utara

Baca juga: Minta Kepastian Hukum, Puluhan Pemilik Unit Kondotel The Grand Banua Sambangi Polda Kalsel

Baca juga: Polisi Buru Pelaku Bersenjata Tajam yang Menyerang Warga di Jembatan HKSN Banjarmasin

Menurutnya, pihak keluarga juga sudah mengetahui serta menerima dengan ikhlas atas meninggalnya korban dan menolak  dilakukan autopsi.

Dari pihak keluarga juga didapat informasi korban diketahui tidak ada di rumah pada Jumat  (9/9) sekitar pukul 06.00 Wita.

Korban yang sudah lanjut usia ini, menurut keluarga, juga bisa keluar rumah saat malam, sendiri, tanpa sepengatahuan cucu yang tinggal serumah.

Sementara itu, terkait kronologis penempuan, Iptu Momo menyampaikan, tempat kejadiannya di Sungai Bahadangan wilayah Desa Sungai Karias RT 05, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU.

Baca juga: Tahanan Ketiga yang Sempat Kabur Meninggal di Rumah Sakit, Begini Keterangan Kapolresta Banjarmasin

Baca juga: NEWSVIDEO - Ungkap 2 Kasus Narkoba, BNNP Kalsel Sita 1,8 kg  Sabu dan 399 Butir Ekstasi

Bermula dari ada warga yang pulang dari sawah. Ketika melintas di Sungai Bahadangan, perbatasan Desa Sungai Karias dengan Desa Sungai Karias Dalam, melihat diduga mayat manusia berjenis kelamin perempuan mengapung.

Saat itu, warga yang menggunakan jukung atau sampan ini melihat jasad korban terseret arus air sungai dengan posisi seperti tertelungkup.

Mayat yang hanyut itu kemudian diarahkan warga  ke arah tumpukan sampah dan ranting kayu di dekat jembatan agar terus terbawa arus air sungai. 

Setelah mayat sampai ditumpukan sampah dan ranting kayu, selanjutnya temuan itu diberitahukan ke  masyarakat lainnya yang kebetulan berada di sekitar lokasi.

Baca juga: Gugatan Warga Kampung Batuah Tidak Diterima PTUN, Begini Sikap Kuasa Hukum

Baca juga: Edy Mulyadi Divonis 7 Bulan, Massa Adat Dayak Nasional Tak Terima, Minta Jaksa Banding

Baca juga: Diduga Terbelit Utang, IRT di Kabupaten Banjar Nekad Akhiri Hidup

 

Segera, temuan mayat juga dilaporkan masyarakat ke polisi. Tak lama, petugas berdatangan untuk melakukan pemeriksaan. Selanjutnya, jenazah dibawa ke RSUD Pembalah Batung di Kota Amuntai untuk divisum.

"Begitu mendapat laporan, petugas langsung mendatangi lokasi dan melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan juga dapat diketahui identitas korban, serta juga telah dilakukan pendataan tehadap keluarga korban," tutup Iptu Momo.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved