Ekonomi dan Bisnis

Musprov VII Kadin Kalsel, Gubernur : Pemerintah Wajib Anggarkan 40 Persen Belanja Produk Lokal

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah diwajibkan mengalokasikan 40 persen anggaran belanja untuk penggunaan produk lokal UMKM

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Ketua OC Musprov VII Kadin Kalsel, H Ahyat Sarbini, Ferry Rizal selaku Karateker Ketua Umum Kadin Kalsel, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua Umum Kadin Indonesia, Mohammad Arsjad Rasjid dan Iwan Kamadi Ketua SC pada Musprov VII Kadin Kalsel, Senin (12/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan bahwa pengusaha dari segala kalangan terutama UMKM harus didukung semua pihak termasuk pemerintah.

"Dan pemerintah pusat dan daerah juga telah memerhatikan itu dengan mengutamakan menggunakan produk lokal," ujarnya saat membuka Musprov VII Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kalsel di Hotel Rattan Inn, Senin (12/9/222).

Lanjutnya, dalam pengembangan UMKM tersebut maka pemerintah pusat dan pemerintah daerah diwajibkan mengalokasikan 40 persen anggaran belanja untuk penggunaan produk lokal UMKM.

Paman Birin juga mengapresiasi Kadin Kalsel yang kini tengah menggelar musprov dan organisasi ini punya fungsi strategis dalam pembangunan daerah. 

Baca juga: Dua Kandidat Calon Ketua Umum Kadin Kalsel Siap Bersaing, Ketua OC Ahyat Sarbini Sampaikan Harapan

Baca juga: Musprov VII Kadin Kalsel Siap Digelar, Penentuan Ketua Kadin dari 2 Orang Kandidat

"Kalsel harus siap sambut IKN (ibukota negara) sebagai daerah pendukung dan penyangga sesuai visi Kalsel Kalsel Maju Mandiri Sejahtera dan Berkelanjutan sebagai Gerbang Ibukota Negara," jelas Paman Birin.

Diimbau pula, masyarakat dan pengusaha mesti mampu memaksimalkan kesempatan, mengambil peran penting dan di sini diperlukan peranan Kadin Kalsel dengan menciptakan dan mengembangkan iklim usaha kondusif transparan.

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Indonesia, Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat, dalam sambutannya menyatakan, Kadin memiliki peran krusial mendorong perekonomian daerah dan nasional melalui program yang selaras dengan empat pilar Kadin.

"Pertama, Pemulihan Kesehatan dan Pengembangan Industri Kesehatan Nasional. Kedua, Peningkatan Ekonomi Daerah dan Nasional. Ketiga, Peningkatan Kewirausahaan dan Kompetensi. Keempat, Penguatan Internal Organisasi dan Regulasi," jelasnya.

Ferry Rizal selaku Karateker Ketua Umum Kadin Kalsel, menyatakan, Musprov adalah bentuk konsolidasi organisasi. Harapan kita semua, ke depan Kadin Kalsel akan dapat mengikuti perkembangan dan meningkatkan SDM baiks secara intelektual dan spiritual.

"Semakin terjalin sinergitas dengan pemerintah sebagai mitra. Kalau diibaratkan perusahaan maka Kadin daerah dan asosiasi adalah pemegang sahamnya. Kadin daerah yang mengetahui isu lokal dan kearifannga, sedangkan asosiasi dan anggota adalah industrinya," bebernya.

Ketua OC Musprov VII Kadin Kalsel, H Ahyat Sarbini, menyatakan, sebagai organisasi pengusaha maka sudah saatnya anggota Kadin menjadi tua rumah di daerah sendiri.

Baca juga: Pesan Sepuh Kadin Kalsel H Guntur Prawira, Penjaringan Caketum Jangan Beratkan Bacalon.

"Sambut kehadiran IKN dengan partisipasi bukan sebagai penonton, sebab banyak potensi usaha yang terkait dengan para anggota Kadin, baik properti, pertanian, wisata, akomodasi, tranportasi dan lainnya," tandasnya.

Sementara dilaporkan pula bahwa pada Musprov VII Kadin Kalsel ini ada dua kandidat yang akan bersaing yaitu Hj Shinta Laksmi Dewi SE  dan H Saridi Salimin MM. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved