Berita HST

Dinas LHP Dukung Bank Sampah di HST Produksi Pellet Bio Energy

Dinas LHP HST menyatakan, Bank Sampah di HST sangat potensial menggarap potensi memproduksi pellet dari sampah organik

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Uji coba mesin pencacah dan mesin pellet sampah organic buatan mahasiswa ULM Banjarbaru, sebelum diserahkan untuk dihibahkan ke Bank Sampah Urban Dewan, di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, MInggu (11/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dinas Lingkungan Hidup (DLHP)  Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyatakan, Bank Sampah di HST sangat potensial menggarap potensi memproduksi pellet dari sampah organik dan non organik.

Sebab, saat ini sudah banyak berdiri bank sampah, baik dikelola masyarakat maupun Dinas LHP sendiri.

“Untuk itu ke depan, kami berharap bisa bekerjasama dengan Fakultas Teknik Prorgam Studi Teknik Mesin ULM, untuk pembuatan mesin pellet maupun pencacah  sampah,”kata Kabid Persampahan DLHP HST, Fadillah.

Fadilah mengatakan hal tersebut  saat menghadiri serah terima hibah kedua mesin buatan dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Mesin tersebut ke Bank Sampah Urban Dewan, belum lama tadi.

Baca juga: Hentikan Penambangan Ilegal, Dinas LHP HST Sebut Kemungkinan Kerahkan Aktivis Lingkungan

Baca juga: Prodi Teknik Mesin ULM Hibahkan Mesin Pencacah dan Pellet Sampah ke Urban Dewan HST  

Disebutkan, ada 11 bank sampah di bawah DLPH yang saat ini aktif mengelola sampah.

Potensi tersebut sebagai peluang menambah kesejahteraan bagi para pengelola, khususnya petugas kebersihan kota Barabai.

Untuk itu, DLHP kata Fadillah siap bekerjasama dengan Prodi Teknik Mesin untuk memproduksi mesin berkapasitas lebih besar.

Seperti diketahui, pellet jumputan sampah padat bisa digunakan sebagai sumber energy untuk kebutuhan rumah tangga. Bahkan bisa dijual ke PT PLN sebagai bahan bakar co-firin boiler pada pembangkit listrik tenaga uap. Salah satu yang menggarap potensi tersebut, adalah Bank Sampah di Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Lomba Kerajinan Daur Ulang Sampah se Kalsel, Peserta Sulap Limbah Kertas Menjadi Ini  

Ketua Bak Sampah Urban Dewan HST, Mulyadi Saputra,menyatakan bersyukur Prodi Teknik Mesin, memilih Urban Dewan sebagai sasaran bantuan program pengadian dosen di Fakultas Teknik ULM tersebut. “Menurutnya, bantuan itu menambah semangat untuk terus mengembangkan bank sampah mereka yang berbasis digital.

“Kami akan manfaatkan mesin bantuan ini hingga bisa memiliki mesin berkapsitas produksi lebih besar lagi,”kata Mulyadi. Dia dan teman-temannya menargetkan, bisa menjadi penyuplai pellet sampah untuk PLN maupun perusahaan tambang di Tabalong sebagai energi alternatif ramah lingkungan.  (banjarmasinpost.co.id/hanani)   

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved