Bumi Sanggam

Eks Pasar Mungkur Uyam Jadi Sentral UMKM, Bupati Balangan Puji Produk UMKM yang Tersedia

Bupati Abdul Hadi meresmikan Pakan Kambang Waluh  atau Pekan Kembang Waluh di eks Pasar Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Balangan, Kalsel, Senin (12/9).

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Bupati Abdul Hadi mencoba produk UMKM yang tersedia di Pakan Kambang Waluh di Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (12/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Keberadaan Pasar Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan,  Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). sempat terbengkalai.

Namun kini, kembali ramai. Pasalnya, pasca diberikan perhatian penuh dan direncanakan sebagai tempat pemasaran produk UMKM, tempat ini lantas dimanfaatkan oleh organisasi setempat. 

Sebagai penanda mulai bisa bergunanya eks Pasar Mungkur Uyam Balangan ini, digelarlah Pakan Kambang Waluh (P-KW)  atau Pekan Kembang Waluh di kawasan tersebut.

Pada acara perdananya adalah digelarnya pameran produk UMKM yang diikuti semua desa di Kecamatan Juai,  Senin (12/9/2022).

Event yang menjadi pusat UMKM ini perdana diresmikan Bupati Balangan Abdul Hadi.

Bahkan ke depannya, tempat tersebut akan dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan yang bisa dijadikan tempat bersantai. Sehingga semua kalangan dapat menikmati kawasan tersebut. 

Bupati Abdul Hadi berharap keberadaan central UMKM Balangan di Mungkur Uyam dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, produk UMKM Balangan pun bisa dipasarkan dan semakin lebih dikenal.

"Saya berharap melalui expo ini, masyarakat semakin mengenal produk rumahan yang ada di Balangan," kata Bupati Abdul Hadi. 

Lanjutnya, sebagai bentuk dukungan dari Pemkab Balangan kepada UMKM di Kabupaten Balangan, tahun ini dianggarkan penyertaan modal ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar Rp 5 miliar.

Uang tersebut khusus untuk dipinjamkan kepada pelaku UMKM yang bunganya nol rupiah. 

Terhitung masuknya pemanfaatan APBD Perubahan Kabupaten Balangan, Bupati Abdul Hadi mengajak pelaku UMKM untuk berurusan dengan BPR dalam hal peminjaman dana.

Sehingga ke depannya, pengolahan produk UMKM pun semakin berkembang.

Selanjutnya, Bupati Balangan Abdul Hadi didampingi Kapolres AKBP Zaenal Arifin, Camat Juai  Nanang Edward, Ketua TP PKK Sri Huryati Abdul Hadi mengunjungi stan UMKM.  Mereka pun membeli produk UMKM yang ada. 

Baik Bupati Abdul Hadi maupun pejabat lainnya yang datang ke stan, mendapat sambutan dari penjaga stan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved