Pemilu 2024

Sibuk Tangani Pelanggaran, Bawaslu RI Tunda Umumkan Anggota Bawaslu Kalsel Terpilih

Bawaslu RI menunda pengumuman hasil seleksi Calon Anggota Bawaslu tingkat Provinsi Masa Jabatan Tahun 2022-2027

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Instagram Bawaslu Kalsel
Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra (kiri) dan jajaran Sekretariat Bawaslu Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia ( Bawaslu RI) menunda pengumuman hasil seleksi Calon Anggota Bawaslu tingkat Provinsi Masa Jabatan Tahun 2022-2027. 

Pengumuman Calon Anggota Bawaslu tingkat Provinsi Masa Jabatan Tahun 2022-2027 terpilih sedianya dilaksanakan pada Senin (12/9/2022).

Otomatis pengumuman Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan Tahun 2022-2027 terpilih juga ditunda. 

Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra mengatakan, informasi terkait penundaan pengumuman tersebut disampaikan Sekretariat Bawaslu RI Minggu (11/9/2022) malam. 

"Betul tertunda kemarin," kata Dahsya dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Selsa (13/9/2022).

Baca juga: Kembali Maju DPD RI di Pemilu 2024, Gusti Farid Hasan Aman Bersiap Lakukan Ini

Baca juga: Besok Bawaslu RI Umumkan Calon Anggota Bawaslu Kalsel 2022-2027 Terpilih

Pasca penundaan kata dia, belum ada informasi detil kapan pengumuman bakal dilaksanakan oleh Bawaslu RI

Pasalnya, penundaan tersebut disebabkan karena para jajaran Bawaslu RI tengah disibukkan menangani pelanggaran administrasi Pemilu. 

Selain itu mereka juga tengah melaksanakan pembahasan Peraturan Bawaslu bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Pemerintah. 

"Saat bersamaan juga ada pembahasan dengan DPR," kata Dahsya. 

Meski demikian, penundaan diyakini tidak berpengaruh terlalu besar karena dalam susunan jadwal sebelumnya, prosesi pelantikan Anggota Bawaslu tingkat Provinsi direncanakan digelar pada Rabu (21/9/2022).

Diketahui, ada enam nama Calon Anggota Bawaslu Kalsel yang tengah menanti-nanti pengumuman oleh Bawaslu RI tersebut yakni Akhmad Mukhlis, Aries Mardiono, Arif Mukhyar, Des Rizal Rachman Rofias, Muhammad Radini dan Tri Widoyati. 

Baca juga: PNS Kasubag Pengawasan di Bawaslu Banjarmasin Jadi Korban Pencatutan Nama dan NIK oleh Parpol

Mereka merupakan enam orang yang telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Bawaslu RI sebagai tahapan seleksi terakhir. 

Sebelumnya, enam nama tersebut merupakan hasil pengerucutan dari ratusan nama peserta seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalsel masa jabatan Tahun 2022-2027 yang tahapannya sudah dilaksanakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Daerah. 

Tahapan seleksi di daerah yakni berupa verifikasi administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan dan tes wawancara diselenggarakan oleh Pansel yang diketuai Prof Hadin Muhjad difasilitasi oleh Sekretariat Bawaslu Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved