Berita Tapin

Dua Kasus Tipikor di Tapin Memasuki Tahap Pemeriksaan Saksi dan Ahli

Dua tersangka kasus korupsi di Kabupaten Tapin sedang dalam proses sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
Kasi Pidsus Kejari Tapin_
Proses sidang Tipikor dana Desa Tandui di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dua tersangka kasus tindak pidana korupsi di Kabupaten Tapin sedang dalam proses sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin.

Kedua kasus tindak pidana korupsi tersebut yakni tindak pidana korupsi penyalahgunaan penyaluran Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayan Cabang (UPC) Rantau pada Kantor Wilayah IV Balikpapan Periode Juni 2019 sampai dengan April 2020.

Dan yang kedua, dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung sarana olahraga desa yang bersumber dari dana desa pada Desa Tandui Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin Tahun Anggaran 2019.

Kepala Kejaksaan Negeri Tapin, Adi Fakhruddin melalui Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Tapin, Dwi Kurnianto mengatakan untuk proses sidang masih terus berlanjut.

Baca juga: Gelapkan Barang Milik Perusahaan, Pelaku Diciduk Petugas Polres Tapin

Baca juga: Balai Pengelola Transportasi Darat Akan Pasang Lampu di 5 Lokasi Kabupaten Tapin

"Kasus korupsi pembangunan gedung sarana olahraga desa yang bersumber dari dana desa pada Desa Tandui sudah menjalani sidang tahap ketiga dengan agenda pemeriksaan saksi," jelasnya.

Dwi mengatakan sedangkan sidang keempat akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2022 mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi dan ahli.

"Terdiri dari dua saksi dan tiga ahli," jelasnya.

Dwi mengatakan sidang ketiga yang telah dilaksanakan yakni pemeriksaan saksi dari perangkat desa, ketua BPD, Sekretaris Desa, Kaur keuangan, pendamping desa, pemilik toko material, kepala tukang dan pemilik tanah.

"Untuk sidang keempat nanti saksi dan ahli akan dihadirkan dan sidang dilaksanakan secara online, sementara tahanan akan mengikuti sidang dari Rutan Kelas IIB Rantau," jelasnya.

Baca juga: Komunitas Pawadahan Naga Intan Banjar Ikuti Proses Sesarahan Hutan di Desa Paau Aranio

Sementara itu, untuk tipikor penyalahgunaan penyaluran Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayan Cabang (UPC) Rantau pada Kantor Wilayah IV Balikpapan Periode Juni 2019 sampai dengan April 2020 sudah dua kali sidang.

"Pada sidang kedua, sudah dihadirkan saksi dari Pimpinan cabang Barabai saat ini, kasir, BPO atau Marketing," jelasnya.

Sedangkan untuk sidang ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 15 mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi dari Nasabah sebanyak 13 orang.

"Rencananya semuanya akan dihadirkan bila tidak ada halangan dan tersangka mengikuti sidang memalui online di Rutan Kelas IIB Rantau," jelasnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved