Berita Tanahbumbu

Jaga Keselamatan, KSOP Kotabaru Batulicin Ingatkan Agen tentang Pengangkutan Barang Berbahaya

Kantor KSOP Kotabaru Batulicin mengadakan sosialisasi kepada para agen agar mematuhi aturan mengenai pengangkutan barang berbahaya di pelabuhan. 

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Sosialisasi Kampanye Keselamatan Transportasi Laut dan juga Peraturan Menteri (PM) Nomor 6 Tahun 2021 dan PM Nomor 16 Tahun 2021 di Hotel Ebony oleh Kantor KSOP Kotabaru Batulicin di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (14/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Menghindari potensi bahaya dalam mengangkut dan menumpuk barang di pelabuhan, maka harus ada tempat tampungan khusus. 

Hal itu disampaikan Capt. Dedtri Anwar l, Kasubdit Tertib Berlayar Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dirjen Perhubungan Laut di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Dia hadir dalam kegiatan Kampanye Keselamatan Transportasi Laut dan Sosialisasi Peraturan Menteri (PM) Nomor 6 Tahun 2021 dan PM Nomor 16 Tahun 2021.

Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Ebony Kabupaten Tanbu oleh Kantor KSOP Kotabaru Batulicin. 

Baca juga: Belia di Bawah Umur Dirudapaksa dengan Ancaman Dibunuh oleh Pria di Tanahbumbu Ini

Baca juga: Narkoba Kalsel - Digerebek Petugas di Rumah, Pria Tanbu Ketahuan Simpan 13 Paket Sabu dalam Brankas

Baca juga: Pelaku Misterius Berbuat Tak Patut pada Mahasiswi, Petugas Polsek Banjarmasin Utara Datangi Lokasi

"Kita perlu tahu, sesuai PM 6 dan 16 ini, untuk penanganan dan pengangkutan barang berbahaya, jangan sampai menimbulkan kerusakan atau hal-hal yang tak diinginkan," bebernya. 

Para peserta juga diberikan edukasi mengenai aturan-aturan dalam hal menjaga keselamatan dalam pelayaran, kemudian juga terkait aturan yang ada di dalam PM 6 dan 16 Tahun 2021.

"Di sini juga kita harus sampaikan mengenai bagaimana barang yang dimuat harus memenuhi sertifikat yang ditentukan," imbuh Dedtri Anwar.

Sementara itu, Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto, menambahkan, sosialisasi ini tentang keselamatan dan pengangkutan barang yang dianggap berbahaya.

Baca juga: Empat Tersangka Penganiayaan Diringkus Tim Buser Polres Kotabaru, Satu Orang Ditembak di Kaki

Baca juga: M Iqbal, Korban Tenggelam di Desa Jaranih HST Ditemukan, Tim Relawan Serahkan Jenazah ke Keluarga

Baca juga: Pengedar Carnophen Digiring ke Satresnarkoba Polres Kotabaru Kalsel, Ratusan Butir Zenith Diamankan

Pihaknya tidak meragukan bahwa semua pihak telah mengetahui tentang keselamatan. Tetapi, kembali ditekankan lagi, agar lebih paham dengan peraturan Menteri Perhubungan tersebut. 

"Sosialisasi ini untuk memantapkan saja dengan menghadirkan pemateri dari KPLP Direktorat Perhubungan Laut. Misalnya masih ada yang kurang jelas, nanti bisa ditanyakan langsung, " tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved