Berita HST

Pemkab HST Pelajari Inpres Soal Mobil Listrik, Berat Bagi APBD HST Mengganti Seluruh Mobdin

Sekda HST berharap jika Inpres kendaraan listrik ini diwajibkan, ada bantuan dari pemerintah pusat

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
PT PLN (Persero) UIKL Kalimantan
Ilustrasi-Mobil listrik PLN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Instruksi presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat dan daerah telah diketahui pemerintah daerah termasuk di Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) Kalsel.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Sekretaris Daerah HST H Muhammad Yani yang dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id , Rabu (15/9/2022) mengatakan, jika memang diwajibkan,  diupayakan dianggarkan pada APBD 2023 mendatang, di pos bagian umum khususnya untuk kepala daerah.

Namun untuk mobil dinas secara keseluruhan, jika bisa dimodifikasi ke tenaga listrik akan diupayakan. Sebab pengadaan mobil baru untuk seluruhnya cukup berat bagi APBD HST.

"Untuk dianggarkan Tahun 2022 ini jelas tidak memungkinkan. Sekarang Pemkab HST bersama DPRD sedang membahas perubahan KUA PPAS 2023. Tidak mungkin memasukkan pos anggaran tersebut sekarang karena akan mengubah lagi perubahan yang ada,"jelas Sekda.

Baca juga: Tertarik Beli Mobil Listrik, Perhatian 6 Hal Ini Sebelum Memilikinya

Baca juga: Pemerintah Kota Banjarmasin Pesan 3 Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas Kepala Daerah

Jika memang Inpres wajib dilaksanakan tahun depan, kata Sekda bisa dilakukan evaluasi bersama DPRD HST. Namun pihaknya berharap  kalau bisa pengadaan mobil dinas listrik itu dibantu pemerintah pusat.

"Atau bahkan kalau ada teknologinya mobil dinas yang ada bisa dimodifikasi menjadi mobil listrik,"tambahnya.

Disebutkan untuk beralih ke mobil listrik sendiri tak bisa dilakukan serta merta. Lagi pula di HST belum tersedia stasiun penyetruman atau tempat ngecas yang memerlukan daya listrik besar.

Untuk mobil dinas kepala daerah saat ini Bupati HST menggunakan mobil Land Cruiser Prado tahun 2019, dengan harga saat dibeli Rp 851 juta berbahan bakar dexlite. Sedangkan mobil Wakil Bupati HST adalah Pajero sport ultimate 2022 berbahan bakar dexlite seharga Rp712.500.000.

Sebelumnya wabup menggunakan Fortuner yang mengalami rusak akibat banjir bandang 2021 yang lalu. Sedangkan Bupati HST masih menggunakan mobil lama yang digunakan Bupati sebelumnya.

Adapun mobil Dinas Ketua DPRD adalah Toyota Fortuner tahun 2020, dengan bahan bakar Pertamax

Mengenai pengeluaran pengeluaran untuk BBM mobil Dinas Yani menyatakan tak hapal persisnya. Namun, sejak penaikkan harga BBM diakui anggran yang ada tak cukup memenuhi kebutuhan operasional. Solusinya adalah melakukan penyesuaian. Itupun hanya dinaikkan sedikit. Dicontohkan, jika dulu totalnya Rp 1 miliar,sekarang paling ditambah Rp 250juta.

Adapun Dinas yang paling memerlukan banyak BBM salah satunya adalah Dinas lingkungan hidup dan Perhubungan karena mereka memiliki banyak armada angkutan sampah yang operasional tiap hari.

Selain itu juga mengoperasikan alat berat di TPA Telang. Untuk perjalanan dinas pun akan kembali dilakukan efisiensi menyesuaikan kepentingannya.

Diketahui pada Rabu 14 September 2022 presiden Joko Widodo menerbitkan instruksi presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga: Buka GIIAS 2022, Airlangga: Insentif Pemerintah Disambut Positif Lewat Mobil Listrik

Inpres tersebut juga ditujukan kepada para gubernur bupati walikota. Presiden meminta jajarannya melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai tersebut.

Selanjutnya, digunaka  sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Mobil listrik tersebut akan menggantikan kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan dinas insantri yang selama ini digunakan. (Banjarmasinpost.co.id/Hanani) 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved