Berita HST

Ratusan Anak di HST Dibikin Ceria di Murakata Mendongeng Bersama Kak Ojan 

Ratusan anak PAUD dan TK dari 11 Kecamatan di Kabupaten HST terlihat terbawa suasana ceria saat mendengarkan cerita dongeng

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
BanjarmasinPost.co.id/hanani
Kegiatan mendongeng oleh Kak Fauzan yang diikuti sekitar 500 anak terdiri TK dan PAUD di HST, Rabu (15/9/2022) di halaman parkir Gedung Murakata Barabai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Suasana ceria mewarnai halaman parkir gedung Murakata Barabai, Kamis (15/ 9/2022).

Ratusan anak PAUD dan TK dari 11 Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terlihat terbawa suasana ceria saat mendengarkan cerita dongeng dari Ahmad Fauzan, pendongeng dan trainer pendidikan skala  nasional, yang dihadirkan Dinas Perpustakaan dan Arsip  (Dispersip) HST. 

Kegiatan tersebut dalam rangka bulan gemar membaca dan hari berkunjung ke perpustakaan 14 September 2022.

Pada kegiatan tersebut anak-anak dihadirkan bersama para guru dan mereka tampak antusias menyimak dongeng Ahmad Fauzan yang akrab disapa Kak Ojan.

Baca juga: Berikan Buku Karya Ayahnya ke Dispersip Kalsel, Putri Gubernur Said Ingin Masyarakat Banyak Membaca

Baca juga: Sambut Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan, Dispersip Kalsel Siapkan Doorprize

Ojan membawakan cerita dongeng dengan sejumlah alat peraga boneka binatang seperti monyet, singa dan binatang lainnya. 

Visualisasi dan intonasi saat Kak Ojan bercerita pun membuat anak-anak terbawa ke alur cerita sehingga berhasil memainkan imajinasi mereka.

Tema dongeng yang dibawakan saat itu adalah tentang indahnya menjadi pribadi yang suka berbagi dengan orang lain. Kak Ojan juga membagi-bagikan hadiah berupa buku cerita islami dari Perpustakaan HST kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan. 

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah HST Ahmad Fathoni, serta jajaran dinas perpustakaan HST lainnya. Selain menggelar Murakata Berdongeng Dnas Perpustakaan HST juga menggelar pelatihan literasi dan mendongeng bagi para guru TK dan PAUD se HST, dengan trainer Ahmad Ahmad Fauzan atau Kak Ojan. 

Kabid Perpustakaan, HST Mujahidin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program perpustakaan dan arsip daerah HST dalam rangka menumbuhkan minat baca anak-anak sejak usia dini.

Baca juga: Lengkapi Fasilitas Gedung Perpustakaan Disabilitas,  Dispersip Kalsel Koordinasi dengan Guru SLB

Selain mendongeng, diselipkan juga pengenalan berpustakaan kepada anak-anak agar mereka mencintai dan meminati perpustakaan sebagai tempat membaca buku dan sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Selain itu dengan mendengarkan cerita dongeng diharapkan mengalihkan kebiasaan anak-anak memainkan gadget. Untuk itu partisipasi para orang tua pun diharapkan mendukung agar anak menyukai buku.  (banjarmasinpost.co.id/hanani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved