Bumi Saijaan

Bapenda Kotabaru Teken Kerjasama dengan KPP Pratama Batulicin

Bapenda Kabupaten Kotabaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan KPP Pratama Batulicin.

Penulis: Herliansyah | Editor: Eka Dinayanti
DISKOMINFO TALA
Kepala Bapenda Kotabaru Akhmad Rivai (tengah) usai menandatangani kerjasama dengan KPP Pratama Batulicin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Badan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotabaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan KPP Pratama Batulicin di Operation Room kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kotabaru, Kamis (15/9/2022).

Penandatanganan kerjasama terkait pemungutan pajak pusat dan pajak daerah antara DJP-DJPK - Pemda tahun 2020 oleh Kepala Bapenda Drs H Akhmad Rivai, MSi dan Kepala KPP Pratama Batulicin Argo Adi Nugroho.

Selain Kabupaten Kotabaru penandatanganan kerjasama yang juga dilakukan secara daring, diikuti 85 Pemda.

Perjanjian kerjasama bertujuan mengoptimalkan pelaksanaan pertukaran dan pemanfaatan data perpajakan pusat dan daerah pengawasan wajib pajak bersama, serta pendampingan dan dukungan kapasitas kepada pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Pajak Dalam sambutannya menyampaikan, integrasi data perlu dilakukan untuk optimalisasi penerimaan pajak pusat dan daerah.

Menurut dia, DJP dan Pemda memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu, untuk mengumpulkan penerimaan negara yang bertujuan membiayai pembangunan negara sehingga untuk mencapai tujuan tersebut DJP dan Pemda perlu melakukan pengawasan kepada wajib pajak.

Direktorat Jenderal Pajak siap melakukan transfer of knowledge (TOK) atau bimbingan terhadap aparatur Pemda.

Jenis pajak daerah bersinanggungan dengan pajak pusat, contoh pajak hotel, restoran, dan hiburan karena wajib pajak atas jenis pajak tersebut juga merupakan wajib pajak atas jenis pajak penghasilan.

Diharapkan Pemda dapat membantu Pemerintah Pusat dalam melakukan pengawasan terhadap wajib pajak, karena pajak penghasilan yang diterima oleh negara melalui Pemerintah Pusat nantinya akan dibagihasilkan ke Pemerintah Daerah.

Selain mengajak seluruh pihak untuk menjaga integritas dalam upaya pencegahan korupsi demi menciptakan Indonesia yang lebih maju dan menjadikan daerah-daerah lebih baik yang mampu membiayai kebutuhan pembangunan daerahnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved