Berita Tapin

Tim PORA dan Petugas Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Temukan Tiga TKA di Tapin

di Kabupaten Tapin ada tiga orang TKA yang bekerja di PT Kepid Technology dan PT PBB.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/stan
Kasi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Heri Sudiyono (Kanan) dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tapin, Aulia Ulfah (Kiri) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) bersama Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin melaksanakan operasi gabungan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Kabupaten Tapin.

Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) ini merupakan sebuah tim yang terdiri dari instansi atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan serta kegiatan orang asing atau WNA di Indonesia sebagai mana diamanatkan dalam UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Heri Sudiyono mengatakan operasi gabungan kepada WNA yang ada di Kabupaten Tapin ini memang rutin dilakukan.

"Ini antisipasi awal agar tidak ada WNA ilegal di Kabupaten Tapin. Pemantauan dan pengawasan ini ditujukan kepada WNA baik yang tinggal, berkunjung atau bekerja di wilayah Kabupaten Tapin," jelasnya, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: BIN Korwil Tapin Minta Tenaga Kerja Asing Wajib Lakukan Tiga Hal Ini

Baca juga: Polres Tapin Resmi Miliki Klinik Kesehatan, Terbuka untuk Umum dan Pemegang BPJS

Heri mengatakan sesuai informasi, di Kabupaten Tapin ada tiga orang WNA yang bekerja di PT Kepid Technology dan PT PBB.

"Di dua perusahaan ini, ada tiga orang pekerja warga negara asing, diantaranya dua orang asal Korea Selatan dan satu orang lagi asal China," ungkapnya.

Ia mengatakan dari hasil operasi terhadap 3 orang WNA di dua perusahaan ini, ketiganya legal dan tidak ditemukan pelanggaran administrasi.

Baca juga: Jalan Poros Antardesa di Batumulya Rusak, Dinas PUPRP Tanahlaut Sebut Tahun Ini Ditambal Sulam

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tapin, Aulia Ulfah mengatakan berdasarkan data Tim PORA di terdapat 5 orang WNA yakni 3 orang merupakan TKA yang bekerja di 2 perusahaan dan 2 orang lainnya WNA asal negara India dan sudah berkeluarga di Tapin.

"Hasil pantauan kita di lapangan, sementara ini semuanya tidak ada masalah baik secara administratif maupun hal lainnya," paparnya.

Operasi Gabungan Tim PORA ini terdiri dari Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Kesbangpol Tapin, Kodim 1010/Tapin, Polres Tapin, Kejaksaan Negri Tapin, Dinas Tenaga Kerja Tapin, Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

( Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved