Tabalong Terdepan

Bupati Anang Beri Tantangan Bagi Pengurus Baru Saat Buka Muscab VI BPC Hipmi Tabalong

Bupati H Anang Syakhfiani buka Muscab VI BPC Hipmi Tabalong dan minta pengurus untuk membantu pemkab mengendalikan inflasi pasca kenaikan harga BBM.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, bersama.Dandim 1008 Tabalong, Ketua BPD Hipmi Kalimantan Selatan dan Ketua BPC Hipmi Tabalong menyentuh layar yang menandai pembukaan Muscab VI BOC Hipmi Tabalong, Sabtu (17/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Tantangan terhadap pengurus baru diberikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) VI Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten Tabalong VI di Aston Tanjung City Hotel, Sabtu (17/9/2022).

Orang nomor satu di Bumi Sarabakawa ini menantang pengurus baru Hipmi Tabalong untuk bisa ikut terlibat langsung dalam program pengendalian inflasi yang akan dijalankan pemerintah daerah.

“Saya ingin beri tantangan pada pengurus baru," ujar Bupati di hadapan semua yang hadir di acara Muscab VI BPC Hipmi  Tabalong.

Disampaikannya, saat ini Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam rangka melakukan pengendalian inflasi  akan melakukan beberapa langkah nyata.

Langkah pertama, menghadapi adanya lonjakan harga, terutama untuk ayam, daging, wortel, kentang dan lainnya 
setiap Bulan Maulid yang sebentar lagi akan tiba.

Bupati H Anang Syakhfiani sampaikan arahan di Muscab VI BOC Hipmi Tabalong, Sabtu (17092022).
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, menyampaikan arahan sebelum pembukaan Muscab VI BOC Hipmi Tabalong, Sabtu (17/9/2022).

Padahal di Kabupaten Tabalong sudah ada budi daya sendiri. Namun, masih tidak mencukupi. Karena, kondisi harga saat Bulan Maulid di Kabupaten Tabalong selalu lebih dari lebaran.

Untuk itu, Bupati menawarkan tantangan kepada pengurus Hipmi Tabalong agar bisa ikut terlibat langsung dalam pelaksanaan program mengantisipasi potensi lonjakan harga ini.

Dimana, pengurus Hipmi diminta mengambil peran menyuplai ketersediaan stok keperluan bahan pokok yang mengalami kenaikan.

Bupati bukan hanya sekadar menantang begitu saja, tetapi juga siap memberikan dukungan bantuan dana dari pemerintah dalam bentuk subsidi.

"Misalnya kentang sekarang harganya Rp 40 per kilogam. Sebelum ada kenaikan harga BBM, harganya Rp 30 ribu. Lonsep kami, tetap dijual Rp 30 ribu, selisih harga Rp 10 ribu akan kita subsidi," katanya.

kuntau dalam rangkaian pembukaan Muscab VI BOC Hipmi Tabalong Sabtu (17092022).
Penampilan seni kuntau dalam rangkaian pembukaan Muscab VI BOC Hipmi Tabalong, Sabtu (17/9/2022).

Kemudian, tantangan kedua yang ditawarkan, mengajak pengurus Hipmi ikut ambil bagian pada program yang segera diluncurkan Pemkab Tabalong berupa pedagang sayur dan ikan keliling dengan menggunakan sepeda motor.

"Saya akan melaunching 25 sepeda motor. Kita siapkan raknya, kita bantu pemodalannya, dia julan sayur ikan dan lainnya di perkotaan. Kalau 25 kurang, kita tambah lagi. Kalau Hipmi berkenan, silakan,' ucap Anang.

Program pedagang keliling ini juga bagian dari upaya Pemkab Tabalong untuk bisa mengendalikan inflasi, khususnya di tiga kota kecamatan yang ada.

Sedangkan tantangan ketiga, Bupati menyebutkan, saat ini Kabupaten Tabalong sedang panen raya padi. Namun, tidak berdampak menurunnya harga padi. Malah, harga saat ini harganya mengalami kenaikan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved