Newsupdate

NEWSUPDATE Muncul Wacana Jokowi Maju Jadi Cawapres di Pilpres 2024

kemungkinan Jokowi maju sebagai cawapres diungkap oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ramainya wacana Joko Widodo (Jokowi) yang akan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 ditanggapi oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Hasyim menjelaskan, apabila hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan masalah konstitusional.

Sebelumnya, kemungkinan Jokowi maju sebagai cawapres diungkap oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Dilansir oleh Kompas.com, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul merujuk pada Pasal 7 UUD 1945 yang berbunyi Presiden dan Wapres memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Baca juga: NEWSUPDATE Diduga Ada Transaksi Mencurigakan di Rekening Bripka RR & Brigadir J

Baca juga: NEWSUPDATE Ada Potensi Ricuh, KY Minta Pengamanan Persidangan Kasus Brigadir J Dijaga Ketat

Hasyim menerangkan bahwa secara logika hukum terdapat masalah konstitusional terkait wacana tersebut.

Ia menyebut, pasal itu bisa menjadi jebakan batman.

"Hati-hati dengan Pasal 7 dan 8 UUD, semacam jebakan batman. Kayaknya bisa (presiden 2 periode maju cawapres), padahal tidak bisa," kata Hasyim saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Menurut Hasyim, pada pasal 8 UUD 1945 mengatur soal kemungkinan seorang wakil presiden menjadi presiden dalam kondisi tertentu.

https://video.tribunnews.com/view/452212/muncul-wacana-jokowi-maju-jadi-cawapres-di-pilpres-2024-kpu-sebut-akan-ada-masalah-konstitusional

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved