Breaking News:

BPost Cetak

Klinik Kehabisan Vaksin Meningitis, Aswina Terancam Tertunda Umrah 

Aswina sudah memesan tempat untuk umrah awal Oktober 2022. Namun dia mendengar kabar vaksin meningtis tengah sulit dicari

Editor: Hari Widodo
BPost Cetak
Banjarmasinpost edisi cetak, Minggu (18/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Aswina sudah memesan tempat untuk umrah awal Oktober 2022. Namun dia mendengar kabar vaksin meningtis tengah sulit dicari. Padahal vaksin ini menjadi syarat masuk Arab Saudi.

“Jadi sama agen travel kami diminta tunggu informasi terbaru. Kalau sudah tersedia maka bisa segera berangkat. Tapi kalau belum ada, ditunda dulu,” ujar warga Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar ini kepada BPost, Sabtu (17/9).

Kesulitan mendapatkan vaksin bagi peserta umrah dibenarkan juga oleh pemilik travel umrah PT Berkat Aulia, Mona Desmita.

“Untuk harganya naik berapa, saya kurang tahu pasti. Namun yang jelas jemaah saya sulit mendapatkan vaksin meningtis. Menurut info dari beberapa klinik, mereka kehabisan stok, bukan bukunya,” kata Mona Desmita.

Beda dengan cerita Dani, warga asal Kandangan yang baru datang dari umrah beserta ibunya. “Saya baru datang umrah seminggu lalu. Saat mau berangkat, saya vaksinasi di rumah sakit di Kandangan. Tarifnya Rp Rp 300 ribu,” kata dia.

Rusmini, pengelola travel Muthmainnah Tour di Kabupaten Banjar, mengaku memberangkatkan jemaah pada 11 September 2022. Dia mengaku belum mendengar informasi mengenai sulitnya mendapatkan vaksin meningitis dan adanya peningkatkan harga.

“Belum tahu kalau ada kenaikan harga dan sulit dicari. Kecuali dalam pekan terakhir ini,” kata anggota Komisi III DPRD Banjar tersebut.

Sementara, Fatimah Rahmi, adminitrasi PT Ma’ali Wisata Tour and Travel Cabang Sekumpul Martapura, mengaku tidak ada kendala mengenai vaksin meningitis. Hal ini karena calon peserta ditanyakan apakah sudah memiliki kartu kuning.

Kartu kuning adalah surat tanda sudah menjalani vaksin meningitis. Ini artinya dia juga sudah menerima vaksin booster Covid-19.

“Apabila belum vaksin booster, kami sarankan calon peserta umrah untuk memilih jadwal keberangkatan yang agak lama agar ada jeda menjalani lagi vaksin meningitis,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved