Narkoba di Kalsel

Kosan Digerebek BNNK, Empat Pemuda di Tanahlaut Kalsel Gagal Pesta Sabu, Satu Berstatus Pelajar

Empat pemuda di Tanahlaut diamankan petugas BNNK Tanahlaut saat hendak menggelar pesta sabu di sebuah kosan

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
BNNK Tanahlaut untuk BPost
GREBEK - Suasana penggerebekan rumah kos di Karangjawa, Pelaihari, Kamis (15/9/2022), yang dilakukan personel BNNK Tala di sebuah rumah kosan setempat yang ditengarai kerap menjadi pesta sabu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengamankan empat orang pemuda di Tanahlaut karena terlibat dalam penggunaan narkotika jenis sabu.

Informasi dihimpun banjarmasinpost.co.id, Minggu (18/9/2022),  salah satu dari ke empat pemuda yang telah ditetapkan sebagai tersangka bahkan masih berstatus pelajar.

"Ada satu orang yang berstatus pelajar sekolah menengah atas di Kecamatan Pelaihari, inisialnya AS. Namun usianya sudah 18 tahun. Pada 22 September nanti usianya genap 19 tahun," sebut Kepala BNN Kabupaten Tala AKBP Katamsi Sad Retna Setyawan.

Tiga tersangka lainnya, sebutnya, yakni MA (24) swasta, AH (37) pedagang dan pengusaha rental mobil, dan RM (22) tidak bekerja. 

Baca juga: Narkoba Banjarmasin - Simpan Sabu dalam Kamar Antarkan Warga Rawasari ke Bui

Baca juga: Ringkus Penyupai Sabu di HSS, Polisi Sita 13 Paket Sabu dari Pria Asal Danau Panggang HSU Kalsel

Baca juga: Ditangkap di Rumah, Pemuda di HSS Kalsel Terbukti Simpan Setengah Gram Sabu

Dalam kasus tersebut, papar Katamsi, AH sebagai penjual. Sedangkan AS dan MA sebagai perantara jual-beli. Lalu, RM sebagai orang yang ikut iuran pembelian sabu dan yang menyediakan tempat untuk pesta sabu.

Keempat tersangka tersebut dibekuk Tim Kalong Macal BNNK Tala pada Kamis kemarin.

Barang bukti yang diamankan petugas sebanyak satu paket narkoba jenis sabu dalam satu plastik kecil.

Dua unit handphone, 15 plastik kecil kosong, 2  buah alat isap sabu, dan 1 unit sepeda motor matik.

"Keempat tersangka saat itu belum sempat mengisap sabu karena menunggu temannya yang satu lagi. Mereka tak bisa lari karena tak ada ruang di kosan untuk melarikan diri," sebutnya.

Penangkapan keempat tersangka tersebut, papar Katamsi, hasil pengembangan informasi masyarakat yang menyampaikan adanya aktivitas penyalahgunaan narkoba di sebuah rumah kos di Jalan Nawawi di kawasan Karangjawa, Kelurahan Karangtaruna. 

"Menurut keterangan warga, tiga tersangka tersebut sudah beberapa kali ber pesta sabu di kosan itu," sebut Katamsi.

Petugas BNNK Tala pun lantas melakukan penyelidikan dan kemudian melakukan penggerebekan ke dalam rumah kos tersebut. Kegiatan ini turut didampingi ketua RT setempat.

Katamsi mengatakan konsumen narkotika di Tala memang tergolong tinggi. Karena itu berbagai macam cara dilakukan para pengedar untuk mengedarkan barang haram di wilayah Tala.

Keempat  tersangka tersebut akan dikenakan pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1  Undang-undang nomor  35 tahun 2009 tentang narkotika jo pasal 55 ayat 1. Ancaman hukumannya enam tahun penjara.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved