Berita Tanahbumbu

Pasca Dimerger, Kini Pelayanan Angkutan Umum Hingga Cargo di Pelindo Batulicin Lebih Cepat

Pelayanan di Pelabuhan Pelindo Batulicin yang sebelumnya bergabung dengan Pelindo III Cabang Kotabaru lebih cepat

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Aktivitas di Pelabuhan Penumpang di Pelindo Cabang Batulicin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pasca merger, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) banyak memberikan kemudahan kepada pengguna jasa pelabuhan. 

Itu dirasakan di Kabupaten Tanah bumbu (Tanbu) di pelabuhan Pelindo Batulicin, yang sebelumnya masih bergabung dengan Pelindo III Cabang Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. 

Setelah merger pada 1 Oktober 2021 tak ada lagi PT Pelindo I,II, III dan IV, namun sudah jadi satu yaitu Pelindo.

Pengguna jasa tak lagi kesulitan atau menunggu lama putusan dari Pelindo di Kotabaru karena sekarang cukup dari Pelindo Batulicin, yang melayani kapal angkutan umum, cargo dan sejumlah angkutan logistik lainnya. 

Misalnya saja, pengguna jasa dari kapal swasta di Pelabuhan Pelindo Cabang Batulicin, yaitu PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin, yang menggunakan kapal Dharma Ferry 3 dengan rute Batulicin ke  Pare-pare dan Batulicin Ke Makassar serta sebaliknya. 

Baca juga: VIDEO Satreskrim Polres Tanbu Ungkap Dugaan Penampungan Minyak CPO di Pelabuhan Pelindo Batulicin

Baca juga: Terminal Pelabuhan Pelindo Batulicin Kini Dilengkapi Banyak AC dan Ruang Laktasi

Saat ini, banyak perubahan yang dirasakan khususnya dalam peningkatan pelayanan untuk mengikuti permintaan pelanggannya. 

" Yang paling signifikan, sekarang lebih mudah karena tidak harus menunggu jawaban Pelindo Kotabaru karena sekarang sudah bisa langsung putuskan, apalagi kalau sifatnya darurat. Kalau dulu, harus berkoordinasi dan menunggu keputusan dari cabang Kotabaru, sekarang bisa langsung, " sebut Manager PT DLU Cabang Batulicin, Jamirin. 

Selain itu, hubungan baik antara DLU dan Pelindo juga sangat baik dan bila ada sesuatu yang kurang bisa langsung ditanggapi dan ditindaklanjuti. 

" Pelayanannya lebih baik dan lebih mudah setelah berpisah dengan Kotabaru dan jadi cabang sendiri, " katanya. 

Terpisah, General Manager Pelindo Cabang Batulicin, Ari Sudarsono, Minggu (18/9/2022), merasakan pelayanan bisa dimaksimalkan setelah ada merger dan peningkatan mutu layanan.

Pelindo Batulicin, melayani sejumlah layanan di antaranya ada pelabuhan peti kemas, cargo, angkutan umum di pelabuhannya. 

"Perubahan setelah merger, kini punya penyamaan layanan, peningkatan pelayanan dan terintegrasi serta komunikasi yang lebih mudah dan efisien karena birokrasinya lebih mudah, " katanya.

Dalam peningkatan layanan, Pelindo Batulicin juga punya terminal penumpang yang unik dibandingkan sebelumnya. 

Terminal penumpang yang ada kini juga lebih nyaman dan bentuknya juga unik lantaran menyerupai rumah banjar dengan berbagai fasilitas didalamnya. Ini sebagai identitas Pelindo di Pulau Kalimantan khsusunya di Kalimantan Selatan. 

Kapasitas terminal penumpang yang sudah dikembangkan dari kapasitas 400 orang kini sudah bisa menampung 900 orang. Sedangkan untuk pelabuhan, panjang dermaganya kurang lebih 170 meter. 

" Dan terpenting saat ini, adalah penyerapan tenaga lokal lebih diutamakan di Pelindo Cabang Batulicin. Kita lebih banyak tenaga kerja lokal dibandingkan dari luar, karena dari luar daerah hanya beberapa saja, " katanya. 

Baca juga: Empat Pelindo Dimerger, Begini Tanggapan dan Harapan Menteri BUMN Erick Tohir

Menghadapi era digital, mutu pelayanan di Pelindo sekarang juga sudah sangat berkembang karena sudah gunakan aplikasi sistem online. 

" Sekarang ini sudah online untuk penyamaan mutu layanan yang lebih efisien dan memudahakn pengguna jasa termasuk bisa meminimalisir biaya operasional. Jadi Pelindo hadir memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, " pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved