Tajuk

Melawan Tungro

Sebanyak 3.140,2 hektare atau 1,2 persen lahan padi di Kalsel diserang virus tungro dari total luas tanam 358.235 hektare.

Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Petani melakukan penyemprotan insektisida secara massal di lahan pertanian padi yang terserang tungro di Handil Ulis, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Virus tungro saat ini menjadi ancaman serius yang dihadapi petani di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Faktanya, sebanyak 3.140,2 hektare atau 1,2 persen lahan padi di Kalsel diserang virus tungro dari total luas tanam 358.235 hektare.

Berdasarkan data Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Kalsel, periode Oktober-Maret 2022, sebanyak 3.124,5 hektare padi kerdil akibat terserang tungro.

Tertinggi di Kabupaten Baritokuala dengan luas 1.577,4 hektare.

Selanjutnya, Kabupaten Tanahlaut seluas 915,1 hektare, Kabupaten Banjar seluas 565,6 hektare, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 21,7 hektare, Kabupaten Tapin 19,4 hektare.

Kemudian lahan pertanian di Kota Banjarmasin 19 hektare, Kota Banjarbaru 5,1 hektare, Kabupaten Tanahbumbu 1 hektare, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah 0,1 hektare.

Seriusnya ancaman virus tungro bagi petani di Kalsel membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel meminta agar ada Instruksi Gubernur (Ingub) khusus terkait penanganan virus tungro.

Sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Yani Helmi Pemprov Kalsel bersama Kementerian Pertanian telah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hama tungro antara lain melakukan penyemprotan obat-obatan seperti pestisida.

Namun, nyatanya upaya tersebut tidak terlalu memberikan dampak yang banyak karena langkah efektif untuk menghilangkan hama tungro hanya dengan dengan membakar lahan yang terserang tungro tersebut.

“Akan tetapi upaya itu bertentangan dengan Perda yang mengatur dan melarang pembakaran hutan dan lahan di Kalsel,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved