Tabalong Terdepan

Pantau Pelaksanaan di Tiga Sekolah, Bupati Tabalong Sebut ANBK Mengukur Efektivitas Pembelajaran

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, memantau ANBK hari pertama di 3 sekolah yang berlangsung lancer, Senin (19/9/2022).

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, saat memantau ANBK hari pertama di SMPN 1 Tanjung, Senin (19/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP sederajat mendapat perhatian dari Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Di hari pertama pelaksanaan ANBK, Senin (19/9/2022), Bupati  melakukan pemantauan ke tiga sekolah.

Didampingi Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, unsur Forkopimda dan jajaran Dinas Pendidikan Kebudayan Tabalong, pemantauan diawali ke SMPN 2 Murung Pudak.

Kemudian berlanjut ke SMPN 1 Tanjung dan terakhir, dengan didampingi pula jajaran Kantor Kemenag Tabalong, pemantauan juga dilakukan ke MTsN 4 Tabalong.

Dalam pemantauannya, Bupati melihat dari dekat saat siswa mengerjakan tahapan ANBK menggunakan komputer dan berdialog dengan kepala sekolah.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani PADA ANBK hari pertama di SMPN 1 Tanjung lancar Senin (19092022).
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, memantau ANBK hari pertama di SMPN 1 Tanjung yang berlangsung lancar, Senin (19/9/2022).

"Tiga lokasi kama tinjau, SMPN 2 Murung Pudak, kemudian SMPN 1 Tanjung serta MTSN 4 Tabalong. Alhamdulillah  berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan ini sebagai simbolik bahwa di Kabupaten Tabalong, guru dan muridnya itu oke," sebut Bupati setelah melakukan tinjauan.

Dijelaskannya, ANBK ini dilaksanakan seperti tes diagnostik dengan beberapa tujuan yang ingin dicapai terkait proses pembelajaran di tiap sekolah.

"Tujuannya pertama untuk mengukur efektifitas pembelajaran oleh guru kemudian efektivitas penerimaan dari siswa. Jadi bukan hanya mengetes siswa, tetapi ini mengetes guru," tambahnya 

Dengan proses ANBK inilah akan dapat terlihat bagaimana hasilnya dari proses yang telah dilakukan, baik bagi guru maupun murid di sekolah yang bersangkutan.

Sehingga, ANBK ini tidak saja hanya untuk kepentingan ujian nasional tetapi juga untuk perbaikan serta peningkatan kualitas SDM guru.

Masih menurut Bupati dalam peninjauan yang diikuti forkopimda ini dirinya kepada mereka bahwa di semua lini di Kabupaten Tabalong terus bergerak maju.

"Kepada mereka kami minta saran, pendapat, agar kemajuan yang sudah dicapai sekarang ini, bisa lebih maju lagi," ucapnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved