Berita Tabalong

ANBK Jenjang SMP Berlangsung, 60 Sekolah di Tabalong Ikut Melaksanakan

Didukung fasilitas komputer, ANBK jenjang SMP di Tabalong dilaksanakan di 60 sekolah

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Murid SMPN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong saat ikuti ANBK di sekolahnya, Selasa (20/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara serentak dimulai kemarin.

Begitu pula di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pelaksanaan ANBK SMP ini juga bisa mulai dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan, Selasa (20/9/2022), pada ANBK jenjang SMP ini ada 60 sekolah yang mengikuti.

"Jadwal ANBK ini antara SD dan SMP berbeda, di bulan September ini dilaksanakan ANBK untuk SMP, yang menyelenggarakan ada 60 sekolah di Kabupaten Tabalong," katanya.

Baca juga: Terapkan Full Online, ANBK 2022 di SMPN 6 Banjarmasin Berlangsung Satu Sesi Setiap Hari

Baca juga: Pantau Pelaksanaan di Tiga Sekolah, Bupati Tabalong Sebut ANBK Mengukur Efektivitas Pembelajaran

Baca juga: Sempat Temui Kendala Saat Simulasi, ANBK Hari Pertama di SMPN 1 Tanjung Tabalong Lancar

Menurutnya, dari total 60 SMP yang ada di Tabalong ini semuanya semuanya bisa mulai melaksanakan ANBK sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kondisi ini juga tidak terlepas dari adanya dukungan berupa pengadaan perangkat komputer di tahun 2019 yang disalurkan ke sekolah.

Meskipun misalnya ada sekolah yang menemukan kendala di lapangan sehingga tak bisa menggelar di tempat sendiri, Tonie menyebutkan tidak ada larangan untuk menumpang ke tempat lain.

Terpenting pelaksanaan ANBK bisa tetap dilaksanakan sekolah tersebut sesuai jadwal yang ada dan apa yang dikerjakan peserta bisa terinput sesuai ketentuan.

Dijelaskannya, tujuan digelarnya ANBK ini sendiri sebagai proses menginput data untuk melahirkan peta mutu pendidikan di masing-masing satuan pendidikan. 

Sehingga murid yang jadi peserta akan lakukan pemetaan terhadap kemampuan membaca atau literasi, kemampuan numerasi, survei karakter dengan survei lingkungan belajar. 

“Nah anak dalam kegiatan ANBK ini membuat empat komponen ini, sehingga tergambar karakter anak itu serta lingkungan belajar yang mendukung dan menyukseskan merdeka belaja," ujarnya.

Baca juga: Pantau ANBK, Kadisdikbud Balangan Harapkan Ada Peningkatan Nilai Terhadap Sekolah

Nantinya hasil dari semua ANBK nanti akan lahir raport mutu pendidikan, yang dijadikan acuan satuan pendidikan merencanakan kegiatan proses belajar mengajar dan pengembangan.

“Sehingga ada istilah nanti perencanaan berbasis data raport mutu pendidikan," katanya.
(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved