Berita Batola

Bantuan untuk Yatim Piatu, Lansia dan Disabilitas, Dinsos Kabupaten Batola Siapkan Data

Dinas Sosial Kabupaten Batola, Kalsel, siapkan data untuk penyaluran bantuan dari Kemensos RI kepada Yatim Piatu, lansia dan disabilitas.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
Anak panti sepualng sekolah di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Harapan Mulia Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (20/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Setelah pencairan subsidi dana BLT BBM dan BSU, rencana penyaluran bantuan sosial untuk yatim piatu, lansia dan penyandang disabilitas oleh Kemensos direalisasikan pada Desember 2022. 

Menanggapi hal ini, Dinas Sosial Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel), turut menyiapkan kelengkapan data dan pengajuan warga yang menjadi sasaran menerima bantuan. 

"Kami sudah kirim dan siapkan data untuk tiga kategori ini, karena sebelumnya juga telah dilakukan pendataan," terang Fuad Syech, Kepala Dinas Sosial Batola, Selasa (20/9/2022) 

Ia pun mengungkapkan, dari data yang terhimpun hingga saat ini ada sekitar 15 hingga 20 anak yatim piatu dan 80 orang lansia dan penyandang disabilitas. 

Baca juga: Truk Tercebur ke Sungai Setelah Tabrak 1 Mobil dan Warung di Kabupaten Balangan Kalsel

Baca juga: Minibus Tabrak Tronton dan Motor Parkir di Pangambau Kabupaten HST Kalsel, Satu Orang Terluka

Meski demikian, Kadinsos juga masih belum mengetahui pasti bagaimana kelanjutannya, baik besaran bantuan maupun teknis pencairan. Namun data yang diperuntukkan sudah disiapkan. 

Sementara itu, Dinsos Batola turut menaungi beberapa panti, baik untuk anak maupun remaja dan wanita. 

"Untuk panti remaja dan wanita ini ada program keterampilan setiap per enam bulan," ucap Fuad. 

Masih di bawah naungan Dinsos, meskipun swasta, setidaknya ada empat panti anak juga turut dikelola. Terutama mereka dari kategori miskin, anak terlantar maupun yatim dan yatim piatu. 

Baca juga: Kebakaran di Jalan Hidayah Kabupaten Tanah Bumbu, Api Diduga dari Press Tambal Ban

Baca juga: Kebakaran di Jalan Hidayah Tanbu Sebabkan Satu Orang Luka Bakar

Baca juga: BREAKING NEWS - Api Berkobar Luluh Lantakkan Permukiman di Gang Hidayah Sinpangempat Tanbu

Begitu pula untuk penyandang disabilitas dan lansia, beberapa program juga dijalankan.

Di antaranya, bantuan sembako dan pengadaan alat bantu seperti kursi roda, tangan palsu usaha ekonomi produktif seperti ternak ayam. 

Sementara itu, dikatakan Mislawati, petugas di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Harapan Mulia di Kota Marabahan, Kabupaten Batola, saat ini memang tidak ada anak yatim piatu yang dititipkan di tempatnya. 

"Rata-rata anak di sini dari keluarga tidak mampu, anak telantar dan yatim. Jadi, mereka tinggal di sini, mengikuti program dan bersekolah dekat panti," ucap Mislawati.

Baca juga: Jalan Raya di Jorong Kabupaten Tanahlaut Juga Sempat Tergenang, Tengah Hari Telah Kering

Baca juga: Banjir Rendam Karangrejo Tanahlaut Kalsel, Lima KK Terpaksa Ngungsi ke Masjid

Ia pun menambahkan, karena di bawah naungan Dinas Sosial Batola, operasional panti di Jalan Sudirman Kota Marabahan ini biasanya menerima penyaluran dana melalui Dinsos setempat.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved