Bumi Bersujud

Kerjasama Dengan UPTD BLK Tanbu, Warga Binaan Lapas Batulicin Dilatih Ngelas

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin menggelar pelatihan mengelas bagi warga binaan di lapas setempat.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Pembukaan Pelatihan Kerja Warga Binaan Lapas Batulicin, Selasa (20/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Bekerjasama dengan UPTD BLK Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tanahbumbu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin menggelar pelatihan bagi warga binaan di lapas setempat.

Pelatihan yang baru pertamakalinya digelar itu, resmi digelar ditandai dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Lapas Kelas III Batulicin dan UPTD BLK Tanahbumbu tentang Pembinaan Kamandirian WBP, di Lapas Batulicin, Selasa (20/9/2022). 

Para warga binaan yang berjumlah 30 orang tampak antusias mengikuti pelatihan mengelas.

M Riski yang mengaku berbahagia karena bisa dapat kesempatan tersebut. 

"Saya senang sekali karena bisa diikutkan dalam pelatihan ini. Dengan harapan, usai keluar nanti punya skill, " katanya. 

Sementara itu,  Kepala BLK Tanbu, Hamdan Rusli, mengatakan kerjasama ini merupakan yang pertama kali dengan harapan akan terus berkelanjutan membantu memfasilitasi pelatihan kepada warga binaan ini

"Pelatihan pengelasan ini diberikan sebagai bekal para warga binaan. Mereka bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik agar saat keluar dari Lapas, punya keterampilan untuk berusaha, " katanya. 

Sementara itu, Plt Kepala Lapas Kelas III Batulicin, Bambang Hari Widodo, pelatihan ini merupakan yang perdana dan ini sebagai awal pelatihan dan akan dikembangkan di Lapas Batulicin

Pelatihan ini tentu saja bertujuan agar warga binaan Lapas Batulicin punya skil dan bisa diterima masyarakat diluar nanti. 

Kegiatan kemandirian ini akan dilatih oleh jajaran BLK Tanahbumbu. Mereka akan diajari teknik-teknik pengelasan yang baik dan benar. Dengan harapan semua peserta yang ikut bisa mengaplikasannya nanti diluar. 

"Ini pertama kali dilakukan karena April lalu, Lapas ini baru diresmikan oleh pak Menteri. Dan Ini perjanjian kerjasama perdana yang kami lakukan di Lapas Batulicin, " katanya. 

Foto Bersama saat Pembukaan Pelatihan Kerja Warga Binaan Lapas Batulicin.
Foto Bersama saat Pembukaan Pelatihan Kerja Warga Binaan Lapas Batulicin. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Disinilah Lapas hadir untuk memberikan pembinaan kepada semua wargaa binaan. Sebab, ini bagian dari fungsi lapas dalam hal pembinaan agar mereka saat bebas bisa diterima masyarakat. 

Selain pelatihan ini, secara bertahap nanti akan digelar pelatihan lagi secara continue diberbagai bidang dan secara perlahan melengkapi fasilitas di Lapas Batulicin. (Aol) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved