Yayasan Adaro Bangun Negeri

Mahasiswa ULM Wujudkan Kampus Merdeka di Pesantren Binaan Adaro

Kolaborasi UM bersama Adaro dalam Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) terus berlanjut diantaranya adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Editor: Hari Widodo
Yayasan Adaro Bangun Negeri
Sejak Rabu (14/09/2022) para mahasiswa mulai menjejakkan kaki di empat ponpes binaan Adaro yang tersebar di beberapa daerah di Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kolaborasi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bersama Adaro dalam Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) terus berlanjut, salah satunya adalah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan skema Matching Fund Kemendikbudristek 2022.

Dari keseluruhan mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam program MBKM di pondok pesantren, sebagian besar didominasi mahasiswa penerima beasiswa Adaro Indonesia Bright Future Leaders termasuk Ricky.

Ricky sebagai salah satu mahasiswa Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) mengungkapkan sangat antusias mengikuti kegiatan magang selama empat bulan di ponpes binaan Adaro.

“Program ini sangat bagus, kita sebagai mahasiswa IBFL ingin selalu berkontribusi bagi Adaro dan harapan kedepannya semoga ponpes binaan Adaro semakin bertambah” ungkap Ricky.

Sejak Rabu (14/09/2022) para mahasiswa ULM mulai menjejakkan kaki di empat ponpes binaan Adaro yang tersebar di beberapa daerah di Kalsel.
Sejak Rabu (14/09/2022) para mahasiswa ULM mulai menjejakkan kaki di empat ponpes binaan Adaro yang tersebar di beberapa daerah di Kalsel. (Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Sejak Rabu (14/09) para mahasiswa mulai menjejakkan kaki di empat ponpes binaan Adaro yang tersebar di beberapa daerah, yakni Ponpes Al Islam Kambitin di Kabupaten Tabalong, Ponpes Miftahul Ulum Bangkiling Raya di Kabupaten Tabalong.

Kemudian, Ponpes Nurul Muhibbin Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Ponpes Nurul Muhibbin Halong di Kabupaten Balangan.

Kedatangan mahasiswa ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Adaro dengan ULM dalam Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) tahap dua lanjutan dari tahap pertama yang sudah dijalankan sejak tahun lalu.

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini tentunya akan berdampak positif di ponpes, nantinya akan membantu proses teknis berjalannya usaha pesantren. Mulai dari aktivitas usaha di lapangan hingga administrasi dan pemasaran produk.

Kerjasama ini sangat disambut antusias oleh mahasiswa, di lingkungan pesantren mereka berinovasi dan berkreasi bersama santri untuk saling menimba ilmu dalam bidang wirausaha atau entrepreneurship.

Melihat semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan magang, Muhammad Rijali sebagai ketua Badan Pengurus Usaha Ponpes (BPUP) Nurul Muhibbin Halong Kabupaten Balangan berharap dengan kolaborasi ini bisa menambah pengetahuan dalam hal pengembangan dan pendirian unit-unit usaha yang ada di ponpes.

“Alhamdulillah program ini kembali dijalankan, harapannya dengan kolaborasi ini dapat memaksimalkan berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan antara ULM dengan pondok pesantren” ucap Rijali.

Sejalan dengan itu, Adaro berkeyakinan bahwa dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi banyak pihak, tidak hanya bagi pesantren tetapi juga bagi lembaga pendidikan tinggi di Kalimantan Selatan.

Mahasiswa ULM  diterima di ponpes binaan Adaro.
Mahasiswa ULM diterima di ponpes binaan Adaro. (Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Sam Guntur, penanggung jawab Program Adaro Santri Sejahtera, menambahkan dengan kolaborasi ini akan semakin sukses dengan dukungan dari mahasiswa yang berbaur dan tinggal di lingkungan pondok pesantren. Sehingga dengan program ini pertukaran pengetahuan antara mahasiswa dengan santri akan semakin mensukseskan Program Adaro Santri Sejahtera.

“Mahasiswa yang magang di tahun ini akan dilakukan pembekalan masing-masing bidang oleh tim ahli dari ULM serta pemberian tugas sesuai dengan keahliannya, sehingga mahasiswa lebih terarah dan semua kendala di lapangan dapat teratasi dengan cepat” tutup Guntur. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved