Berita Banjarmasin

Polda Kalsel Jaring Calon Tamtama Polri, Lulusan Pesantren Lolos Ujian Paket Juga Bisa Daftar

Sehari sebelum masa pendaftaran Tamtama Polri Gelombang Pertama Tahun Anggaran (TA) 2023 ditutup ada 224 pendaftar di Kalsel

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Biro SDM Polda Kalsel
Tahapan Tes Kesamaptaan Jasmani Penerimaan Terpadu TA 2021 di Polda Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hingga sehari sebelum masa pendaftaran Tamtama Polri Gelombang Pertama Tahun Anggaran (TA) 2023 ditutup, animo anak muda di Kalsel untuk bergabung dan mengabdi sebagai Anggota Polri terus terlihat.

Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto melalui Kasubbagdiapers Bag Dalpers, Kompol Irawan mengatakan, sudah ada sebanyak 224 pendaftar dari Kalsel. 

"Dari 224 pendaftar, 118 sudah terverifikasi. Pendaftaran akan ditutup Rabu Tanggal 20 September pukul 24.00 Wita," kata Kompol Irawan, Selasa (20/9/2022).

Dari jumlah itu, pendaftar paling banyak berasal dari Kota Banjarmasin sebanyak 53 orang lalu Banjarbaru 37 pendaftar, Kabupaten Banjar 28 dan Barito Kuala 26 pendaftar. 

Sedangkan sisanya tersebar dari kabupaten lainnya di Kalsel. 

Dijelaskan Kompol Irawan, pada penerimaan calon Tamtama Polri TA 2023 ini dikhususkan untuk penerimaan Tamtama Brimob dan Tamtama Polair. 

Dimana target secara nasional, Polri menjaring sebanyak 1.500 personel Tamtama Brimob dan 100 Tamtama Polair. 

Meski pendaftaran dilaksanakan di Tahun 2022, namun pendidikan bagi mereka yang lolos bakal dilaksanakan mulai Tahun 2023 mendatang. 

Hal yang berbeda pada penerimaan tahun ini yakni adanya perubahan pada salah satu persyaratan pendaftaran, yakni terkait syarat pendidikan. 

Tak lagi hanya lulusan pendidikan formal setara SMA, namun lulusan pendidikan non formal yang lolos ujian paket juga bisa mendaftar seleksi sebagai calon Tamtama Polri. 

"Jadi kalau lulusan pondok misalnya, tapi lolos ujian paket ini sekarang juga bisa mendaftar Tamtama Polri," kata Kompol Irawan. 

Masih tersisa waktu satu hari untuk mendaftar secara daring melalui laman www.penerimaan.polri.go.id, sedangkan verifikasi dilaksanakan di Polres/Polresta terdekat. 

Ia memaparkan, menjadi seorang Anggota Polri kata dia tentu merupakan suatu bentuk pengabdian kepada negara dan tentunya juga memiliki keuntungan bagi mereka yang diterima. 

Selain berpeluang berkarir selama kurang lebih 40 tahun hingga nantinya memasuki usia pensiun di 58 tahun, Tamtama Polri juga bisa diberikan waktu-waktu cuti untuk bisa sambil melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

Hal paling penting juga ditekankan Kompol Irawan, bahwa peneriman Polri sepenuhnya tidak dipungut biaya alias gratis. 

"Kami menerapkan prinsip No KKN dan No Calo," tegasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved