Porprov Kalsel 2022

Terima Dana Hibah Rp 6 M, KONI Balangan Fokuskan Anggaran untuk Porprov di HSS

KONI Balangan memfokuskan dana hibah sebesar Rp 6 miliar dari Pemkab Balangan untuk mendukung Porprov 2022 di HSS

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Ilustrasi -Sekretariat KONI Kabupaten Balangan bertempat di Jalan A Yani KM 4,5 Paringin Selatan, Komplek Perkantoran Pemda Balangan. KONI Balangan, tahun ini mendapatkan dana hibah Rp 6 miliar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pada tahun 2022 ini, KONI Balangan dapatkan dana hibah sebesar Rp 6 miliar dari Pemkab Balangan.

Dana tersebut proses pencairannya, dilakukan menjadi dua tahap. Rencanaya,  dana tersebut untuk mendukung pelaksanaan Porprov 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS), November mendatang. 

Ketua KONI Kabupaten Balangan, Syamsudinoor menerangkan, dana hibah yang diberikan untuk KONI merupakan bentuk dukungan Pemkab Balangan, khususnya Bupati Balangan yang menginginkan geliat olahraga di Kabupaten Balangan semakin berkembang. 

Terbukti, beberapa waktu belakangan, event perlombaan dari berbagai cabang olahraga digelar dan dikemas pada ajang Bupati Cup dan sejenisnya. 

Baca juga: Kelola Total Anggaran Dana Hibah Rp 20 Miliar, KONI HSS Gandeng Kejaksaan Negeri

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI, Kejari Banjarbaru Tetapkan Ketua dan Bendahara Jadi Tersangka

Lanjut Syamsudinoor, dana hibah yang diterima oleh KONI Kabupaten Balangan akan dimanfaatkan untuk pembinaan atlet, dan kebutuhan pra dan saat pelaksanaan Porprov. 

"Pada tahap pertama, pencairan untuk dana hibah ini sebesar Rp 3,5 miliar," kata Syamsudinoor,  Selasa (20/9/2022).

"Pemanfaatannya yakni 70 persen dari Rp3,5 miliar atau Rp 2,45 miliar  untuk pembinaan Cabor dalam persiapan menuju Porprov. Lalu sisanya, yang 30 persen atau Rp 1,05 miliar untuk operasional KONI Balangan," tambahnya. 

Sementara pada tahap kedua rencananya akan dicairkan sebanyak Rp 2,5 m. Dana ini kata Syamsudinoor akan difokuskan untuk memfasilitasi kontingen Balangan pada Porprov akan datang. 

Lelaki yang akrab disapa Pembakal Sudi ini merincikan fasilitas yang nantinya didapat oleh kontingen pada saat kegiatan Porprov. Baik dari atlet, pelatih, official dan panitia.

Dimana KONI Kabupaten Balangan akan memberikan dukungan dana untuk transportasi, penginapan, akomodasi, uang saku, asuransi, kostum kontingen dan keperluan lainnya.

Sedikitnya, ada 32 Cabor yang akan diikuti oleh Kontingen Kabupaten Balangan dari 42 Cabor yang dipertandingkan pada Porprov mendatang. Sementara jumlah kontingen sebanyak 600 orang.

Baca juga: Pengurus KONI Kabupaten Banjar Diminta untuk Gunakan Dana Hibah Secara Efektif dan Efisien

Dari berbagai Cabor yang dilombakan, ada empat Cabor di Kabupaten Balangan yang tidak berpartisipasi pada Porprov di HSS, yakni Dayung, Taekwondo, Tinju dan Bola Tangan.

Pada Cabor Dayung dan Taekwondo karena memang tidak dipertandingkan oleh tuan rumah, sedangkan Cabor Tinju dan Bola Tangan karena belum ada persiapan dan baru terbentuk di Kabupaten Balangan.(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved