Universitas Lambung Mangkurat

Dies Natalis ke-64 ULM, Rektor Prof Sutarto Hadi Sampaikam Capaian dan Permintaan Maaf

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi menyampaikan sejumlah keberhasilan ULM Dies Natalis ke-64 ULM. Ia pun menyampaikan permohonan maaf

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Prof Sutarto Hadi saat membacakan pidato pada acara Dies Natalis ke-64 ULM, Rabu (21/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Genap berusia 64 tahun, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sampai saat ini masih eksis berkontribusi pada bidang pendidikan di Kalimantan Selatan.

Memperingati itu juga ULM kembali menggelar Sidang Terbuka Senat, Dies Natalis ke-64, di Auditorium Kampus Banjarbaru.

Acara kali ini merupakan Dies Natalis terakhir, bagi Prof Dr H Sutarto Hadi, karena tidak lama lagi jabatannya sebagai rektor akan diemban oleh Prof Dr Ahmad Alim Bachri.

Dalam pidatonya, Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi menyampaikan sejumlah keberhasilan ULM hingga diusia ke 64, di antaranya sejak 2019 ULM telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Tahun 2014 lalu ULM hanya memiliki dua Prodi terakreditasi A, serang bertambah menjadi 32 Prodi.

Kemudian Sumber daya manusia (SDM) ULM yang dinilai mengalami perkembangan pesat. Sebelumnya ULM hanya memiliki 850 dosen, saat ini sudah ada lebih 1.400 dosen. Tahun 2014 ULM hanya memiliki 135 Doktor, saat ini sudah ada lebih 400 Doktor dan Sp2. 

"Pada saat saya dilantik tahun 2014 kita hanya memiliki 24 Profesor, kini ULM memiliki 71 Profesor," katanya, Rabu (21/9/2022).

Suasana kegiatan Dies Natalis ke-64 ULM.
Suasana kegiatan Dies Natalis ke-64 ULM. (banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi)

Berkaitan hal tersebut Sutarto menjelaskan bahwa peningkatan kualitas dan kualifikasi SDM berdampak pada terbukanya peluang, untuk membuka prodi-prodi baru yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Misalnya seperti Program Pendidikan Profesi Insinyur, Program Pendidikan Profesi Apoteker, beserta apotek untuk tempat praktik mahasiswa. 

Ada juga pendidikan profesi Ners (keperawatan), pendidikan S-2 Kesmas yang terakreditasi unggul, dan Pendidikan Dokter Spesialis. Delapan Program Pendidikan Dokter Spesialis. Kemudian, yang sangat membanggakan, yakni dengan adanya Program S3 (Doktor) Ilmu Kedokteran.

Program Studi S3 Ilmu Kedokteran bukan satu-satunya program doktor yang dimiliki ULM, ada juga Program S-3 Ilmu Pertanian yang sudah menghasilkan puluhan Doktor. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved