HSU Mantap

Lindungi Data Perlindungan Sosial di Kabupaten HSU

Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi, pimpin rakor dengan BPS mengenai Regsosek Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Kegiatan rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU Husairi Abdi dan forkopimda. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Badan Pusat Statistik HSU menggelar rapat koordinasi.

Agendanya, terkait pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Mengusung tema Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, pertemuan dibuka Plt Bupati HSU Husairi Abdi

Saat menyampaikan sambutan, Plt Bupati HSU Husairi Abdi, mengatakan rakor Regsosek merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan data yang komprehensif bagi masyarakat.

Sekaligus, mempermudah para pengguna data yang ingin memanfaatkan data untuk kemajuan pembangunan kalimantan selatan, khususnya Kabupaten HSU.

Kolaborasi pemkab bersama BPS HSU harus terus ditingkatkan, mengingat saat ini data sosial ekonomi sangat diperlukan dalam rangka pembangunan masyarakat Kalimantan Selatan  yang berkelanjutan.  

"Saat ini dengan kondisi global yang tidak menentu dan menyebabkan inflasi di berbagai daerah serta kenaikan harga bbm, pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. bantuan sosial, sebagai bagian dari perlindungan sosial, harus kita salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terdampak pandemi Covid-19," ucapnya

Dengan ada Regsosek akan menghasilkan data terpadu. Tidak hanya untuk perlindungan sosial, tapi keseluruhan program yang diperlukan masyatakat sehingga kebijakan pemerintah lebih terarah dan tepat sasaran. 

Ditambahkan Plt Bupati Husairi, pihaknya mengharapkan dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar dari kegiatan Regsosek ini, sudah seharusnya mendapat dukungan dari semua pihak, 

"Saya ingin agar instansi pemerintah daerah dapat mendukung dan memberikan fasilitasi terlaksananya pendataan ini. Kepada BPS sebagai instansi pelaksana, saya berharap untuk melakukan pendekatan yang humanis dan persuasif kepada masyarakat tentang pentingnya data yang sedang dikumpulkan pada pendataan awal regsosek ini.Lakukan komunikasi terlebih dulu kepada perangkat desa, kelurahan serta kecamatan, agar masyarakat yang akan didata memahami esensi dari pendataan ini, sehingga mau menerima petugas dan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya," urainya

Selain Plt Bupati HSU Husairi Abdi, pertemuan ini juga diikuti perwakilan forkopimda, Kepala SKP, Camat, Kelurahan dan para Kepala Desa. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved