Berita Tanahbumbu

Makin Parah, Makin Banyak Truk Terbalik dan Ambles di Jalan Nasional di Desa Api-Api Tanbu

Kondisi Jalan Nasional selama berlangsungnya rehab jembatan di Desa Api-api Kabupaten Tanahbumbu makin parah

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Suasana di Jembatan Api-api, Truk Kesulitan Melintas dan masih ada truk yang terperosok di jembatan utama, Rabu (21/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kondisi Jalan Nasional selama berlangsungnya rehab jembatan di Desa Api-api Kabupaten Tanahbumbu makin parah.

Jembatan darurat lantainya patah dan  jalan menuju jembatan makin rusak. 

Tak heran, hampir setiap hari ada saja truk yang ambles dan ada truk yang terbalik. Bahkan ada jembatan yang terperosok diatas jembatan karena lantai kayunya patah. 

Rabu (21/9/2022) pagi, truk pembawa kardus juga terbalik dan truk fuso ada yang amblas. Belum lagi yang mobil kecil juga sering amblas. 

Baca juga: Asyik Bermain Judi Qiu-Qiu, 6 Pria di Kecamatan Simpangempat Tanbu Digerebek Polisi

Baca juga: Jalan Rusak ke Muara Asamasam, PUPRP Tala Usulkan Anggaran Perbaikan pada ABT Tahun Ini

Pantauan banjarmasinpost.co.id, sore harinya juga masih ada truk yang terperosok di jembatan karena lantai kayunya patah.

Sementara di jalur jembatan alternatif disampingnya yang digunakan dari arah Banjarmasin - Batulicin, jalannya bak kubangan berlumpur, beruntung sudah mulai kering karena tidak hujan seharian. 

Terpantau kendaraan yang melintas harus bergantian dan ekstra hati-hati juga tidak ingin terperosok di lumpur. Truk juga ngos-ngosan melewati jalan berlumpur tersebut. 

Warga sekitar pun merasa tak tenang karena hampir setiap malam, ada truk amblas apalagi pas musim hujan, sulit rasanya untuk tidur. 

"Hampir setiap malam ribut. Truk amblas lah, jadi tidak tenang untuk tidur malam. Karena truk juga antri sampai ada yang menginap karena tidak bisa lewat, " kata Ilfan warga setempat. 

Belum lagi saat siang hari, debunya luar biasa dan saat hujan, lumpurnya sampai masuk ke sekolah. Masyarakat menjadi tidak tenang dengan kondisi jalan dan jembatan itu. 

"Kami berharap kontraktor benar-benar memperbaiki jalan yang ada ini. Kondisi ini memburuk karena dari awal bukan batu-batu yang ditumpuk melainkan bercampur tanah yang mengakibatkan jalan berlumpur dan sering amblas, " katanya. 

Sementara itu, Plt Kadishub Tanbu, Marlan, belum lama tadi sudah mengkoordinasikan agar jalan alternatif di Desa Saring juga tidak dilintasi roda 6 atau lebih, karena akan memperparah keadaan. 

"Rambu sudah dipasang dan harapan kita pembangunan perbaikan jembatan di Api-api ini, pihak kontraktor bisa serius memperbaiki jembatan yang ada. Karena terlihat keadaan makin tidak stabil dengan seringnya truk terbalik, " katanya. 

Baca juga: Perbaikan Jembatan di Api-api Kabupaten Tanah Bumbu Bikin Macet dan Sering Terjadi Insiden

Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) juga harus bertindak tegas kepada kontraktor untuk mendesak pekerjaan jembatan tersebut. 

"Sekarang ini, masyarakat yang menjadi korban akibat perbaikan jembatan dengan jembatan alternatif yang terkesan seadanya, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved