Bumi Saijaan

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Said Akhmad Pastikan Angka Inflasi Turun

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kotabaru melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Kemakmuran, semua dinilai masih stabil.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
DOK BPOST
Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM. 

* Harga Semua Komoditas di Pasar Kotabaru Relatif Stabil

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kotabaru melakukan pengecekan harga bahan pokok dan penting (Bapokting) ke pedagang di Komplek Pasar Kemakmuran.

Eksistensi TPID Kotabaru setiap hari turun ke lapangan mengupdate perkembangan harga bapokting. Kontrol harga bapokting ini salah satu upaya pengendalian inflasi.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kotabaru di posisi ketiga tertinggi inflasi dari 25 kota/kabupaten per Juli-Agustus 2022.

Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM, mengatakan, terkait posisi ketiga Kotabaru tertinggi inflasi dari 25 kota/kabupaten, pihaknya melalui TPID rutin melakukan monitoring.

"Sebenarnya (inflasi) tinggi ada kesalahan data. Misal harga ayam Rp 50 ribu. Karena sudah ditetapkan, kami tidak mempermasalahkan," kata Said Akhmad, Rabu (21/9/2022).

Sebaliknya, diperlukan saat ini bagaimana upaya memonitor harga pasar.

"Setelah TPID turun ke lapangan, harga pasar turun langsung. Optimistis, inflasi di Kotabaru turun," terang Said Akhmad.

Ditegaskan dia, saat ini harga bapokting di pasar Kemakmuran Kotabaru relatif stabil hampir terjadi hampir semua komoditas.

"Ada data terbaru, bisa minta ke Bagian Ekonomi. Data terbaru aku tanda tangani tadi pagi," ucapnya.

Seperti disampaikan Said Akhmad, data harga komoditas bapokting sebanyak 25 komoditas relatif stabil, meski masih ada beberapa komoditas yang harga fluktuatif namun tidak signifikan.

Misal, harga cabai rawit sehari sebelumnya Rp 115 ribu, hari ini hanya Rp 90 ribu perkilogram. Bawang merah sebelumnya Rp 32 ribu, hari ini naik Rp 33 ribu.

Kemudian, minyak goreng sebelumnya Rp 16 ribu, hari ini Rp 14 ribu perliter dan mentega sebelumnya Rp 11 ribu, sekarang Rp 24 ribu. Selain beberapa harga komoditas lainnya yang masih fluktuatif. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved