Berita Batola

Berbekal Skill Tukang Kayu, Warga Batola Ini 10 Tahun Tekuni Produksi Box Speaker Rumahan

Berbekal skill tukang kayu, kini Rifaini menekuni produksi box speaker. Kerajinan ini, telah 10 tahun ditekuni warga Batola ini

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Rifaini (43), pengrajin box speaker rumahan sedang beraktivitas di selasar rumahnya di Desa Beringin, RT 07, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Jumat (22/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Deru mesin gerinda bising terdengar di selasar rumah Rifaini, warga Desa Beringin, RT 07, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. 

Suara mesin potong listrik tersebut hampir setiap hari menemani Rifaini, terutama ketika ia beraktivitas membuat box speaker pesanan pelanggan. 

Pekerjaan rumahan ini sendiri telah digandrunginya sejak 10 tahun lalu, karena merasa ada berpeluang dan memiliki sedikit keterampilan. 

"Saya dulunya tukang bangunan, terutama mengerjakan yang kontruksi kayu," beber Rifaini mengawali pembicaraan, Jumat (23/9/2022). 

Berbekal skill tukang bangunan kayu tersebutlah ia mencoba untuk membuat box speaker rumahan, hingga kini bisa mengkreasikan berbagai produk. 

Ada berbagai jenis box speaker siap pakai yang bisa ia buat, seperti jenis tembak, woofer, subwoofer, box mixer, box amfli hingga panel listrik. 

Dalam mengerjakan pesanan, lelaki berusia 43 tahun ini selalu mengusahakan sesuai kehendak pelanggan. Baik itu jenis maupun penyesuaian harga. 

"Pokoknya saya bikin sesuai pesanan saja, sesekali juga menyampaikan saran jika memang perlu sebagai pertimbangan pelanggan" terangnya. 

Ia pun menambahkan, sekarang ini untuk menyesuaikan selera pemesan jauh lebih mudah. Karena bisa langsung kirim gambar atau video melalui HP. 

Beda halnya dulu, harus datang ke tempat pembuatan atau minimal ketemu untuk menyesuaikan pesanan. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved