Berita Banjar

Majukan Ketahanan Pangan, Kapolsek Simpangempat Kabupaten Banjar Ajak Aparatur Desa Belajar Bioflok

Kapolsek Simpangempat, Iptu Muhammad Alhamidie mengajak aparatur desa dan tokoh masyarakat ke BPBAT Mandiangin untuk belajar sistem bioflok

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
Humas Polres Banjar
Kapolsek Simpangempat, Iptu Muhammad Alhamidie mengajak aparatur desa di Simpangempat belajar budidaya air tawar sistem bioflok, Jumat (23/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Turut terlibat dalam Ketahanan Pangan Nasional bagi masyarakat di Kecamatan Simpangempat dan Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar menjadi program Kapolsek Simpangempat, Iptu Muhammad Alhamidie. 

Iptu Muhammad Alhamidie  mengajak aparatur desa dan tokoh masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Simpangempat dan Kecamatan Cintapuri Darussalam berkunjung di Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Kecamatan Karang Intan, Kamis (22/9/2022). 

Sebanyak 65 orang diajak mengenal pelatihan budidaya ikan air tawar sistem Bioflok dengan pemateri dari Plh Kepala BPBAT Mandiangin, H Muhammad Qufron dan penyuluh perikanan. 

Materi yang diterima seperti Pengertian Bioflok untuk pembudidayaan ikan air tawar, cara Pembuatan kolam, air dan makanan. 

Baca juga: Manfaatkan Ulat Maggot, Dinas LHP HST Budidaya Ikan Nila dan Gurame Sistem Bioflok

Baca juga: Warga Binaan Lapas Tanjung Tabalong Dibekali Pelathan Hidroponik Lengkapi Budidaya Ikan Bioflok

Kemudian, cara perawatan dan pemberian makan pada ikan, cara mengawinkan ikan.pijah dan deder anak ikan, Pemanenan dan pemasaran. 

Materi berikutnya disampaikan Kordinator lapangan, seperti cara pembuatan kolam atau bak bioflok, pembuatan air kadar air atau PH  dan pembibitan.  

Kemudian tanya jawab dan praktek membuat kolam Bioflok. 
       
Sehari sebelumnya, Kapolsek Simpangempat Iptu Muhammad Alhamidie melakukan persiapan pengamanan tahapan pemilihan kepala desa serentak. 

Iptu Muhammad Alhamidie di Aula Kantor Kecamatan Simpangempat memberikan sosialisasi Kamtibmas bagi petugas Linmas.

Baca juga: Jalani Program Asimilasi Rumah, Warga Binaan Rutan Rantau Dibimbing Budidaya Ikan Sistem Bioflok

Kecamatan Simpangempat melaksanakan Pilkades serentak di delapan desa, yaitu Cabi, Batu Balian, Sungai Langsat, Sungai Tabuk, Berkat Mulia, Paring Tali, Sungai Raya dan Pasar Lama. 

Iptu Muhammad Alhamidie memberikan lampu pengaturan lalulintas bagi anggota Linmas yang mampu menjawab pertanyaan dan hafal Pancasila. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved