Baznas Kalsel

Rakorda Baznas se Kalsel 2022 Berakhir, Ciptakan Komitmen Bersama Pengumpulan ZIS & DSKL 2023

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas se Provinsi Kalsel 2022, Harmonisasi Pengelolaan Zakat resmi berakhir

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
Penutupan Rakorda Baznas se Kalsel 2022, Jumat (23/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas se Provinsi Kalsel 2022, Harmonisasi Pengelolaan Zakat resmi berakhir, Jumat (23/9/2022).

Pertemuan para ketua dan pengurus Baznas se Kalsel diisi dengan berbagai kegiatan. Tujuannya tidak lain untuk lebih memfokuskan penguatan kelembagaan.

Sehingga dapat mendorong kesejahteraan mustahik melalui dana zakat, infak dan sadakah, yang disalurkan oleh masyarakat.

Acara yang sudah berlangsung selama tiga hari berturut tersebut, akhirnya menghasilkan risalah yang akan menjadi acuan kinerja Baznas pada tahun 2023.

Risalah itu berisi sejumlah poin komitmen bersama Baznas 13 Kabupaten Kota, di Kalsel, di antaranya memperkuat kelembagaan Baznas Provinsi dan Kabupaten Kota sebagai Lembaga Pemerintah Non-struktural (LPNS), dalam mengelola zakat ditingkat daerah melalui sinergi.

Kemudian, koordinasi dan konsolidasi dengan Pemerintah Daerah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota.

Foto bersama pengurus Baznas Kabupaten Kota di Kalsel peraih anugerah 2022.
Foto bersama pengurus Baznas Kabupaten Kota di Kalsel peraih anugerah 2022. (banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi)

Mendorong hadirnya jaringan pendukung gerakan zakat nasional dari berbagai elemen dan organisasi masyarakat, yang meliputi instansi pemerintah daerah, sektor usaha, komunitas muzakki dan mustahik.

Memperkuat pengumpulan zakat dari muzaki aparatur negara melalui strategi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Payroll system, muzaki non aparatur negara melalui sinergi retail, digital dan strategi lainnya, serta pengadministrasian data pengelolaan zakat di luar neraca (off balance sheet).

Mendorong unit pengumpul zakat (UPZ) BAZNAS kabupaten Kota di setiap Kantor Urusan Agama (KUA), serta penguatan peran penyuluh agama, untuk sosialisasi dan edukasi zakat.

Menyepakati target pengumpulan ZIS dan DSKL se Kalimantan Selatan di tahun 2023 sebesar Rp 193 Miliar dengan rincian dalam neraca (on balance sheet), Rp 67 Miliar dan di luar neraca (off balance sheet) Rp 126 Miliar.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved