Banjir di Kalsel

Curah Hujan Tinggi, Beberapa Wilayah di Kalimantan Selatan Terdampak Banjir

Banjir Kalsel setelah turun hujan deras, yakni di Sebamban Kabupaten Tanbu, Banjarbaru, Martapura, Loksado dan Balangan, Sabtu (24/9/2022).

Penulis: Rifki Soelaiman | Editor: Alpri Widianjono
WARGA UNTUK BPOST
Banjir melanda wilayah Mangunang, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (24/9/2022). Inset: Arus deras di bawah jembatan darurat di Desa Alat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Daerah-daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) sejak sekitar pukul 12.00 Wita hingga sore, Sabtu (24/9/2022), diguyur hujan cukup deras. 

Beberapa wilayah mengalami kenaikan debit air yang mengakibatkannya terendam. 

Melalui pantauan dari jejaring sosial media, wilayah tersebut yakni Sebamban di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kota Banjarbaru, Kota Martapura Kabupaten Banjar, Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Balangan.

Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di wilayah Kalimantan Selatan  menerangkan siang harinya ke-13 kabupaten/kota di Kalsel mengalami hujan. 

Baca juga: Banjir Kalsel, Permukiman di Mangunang Terendam dan Jembatan Desa Alat Selamat di Kabupaten HST

Baca juga: HST Kembali Siaga Banjir dan Tanah Longsor, Warga Barabai di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Baca juga: Sering Hujan di Kabupaten Tabalong, Jajaran Polsek Murung Pudak Patroli Lokasi Rawan Longsor

 

Ada lima daerah dikategorikan dengan status waspada akan terjadinya hujan deras dari akun instagram @cuacakalsel, yakni Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanbu, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Dampak dari status waspada tersebut, yakni jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Selain itu, volume aliran sungai meningkat/banjir dan aliran banjir berbahaya yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Forecaster (prakirawan) Stasiun Meteorologi Syamsuddin Noor, Adhitya Prakoso, menjelaskan, berdasarkan prakiraan musim dari Stasiun Klimatologi Banjarbaru, hampir semua wilayah di Kalsel akan memasuki musim hujan pada akhir September-awal Oktober dengan sifat hujan normal. 

Baca juga: Banjir di Jalan Nasional Desa Damar Indah Tanahbumbu Mulai Surut

Baca juga: Camat Sungailoban Tanbu Ingatkan Pengendara Hati-hati Melintas di Area Banjir di Desa Damar Indah

Baca juga: Jalan Utama Wisata Religi Sekumpul Kota Martapura Terendam, Pengendara Cari Jalur Alternatif

“Untuk kejadian hujan deras hari ini, kami belum mendapatkan data dari BPBD daerah mana saja yang mengalami genangan atau banjir,” jelasnya

Sedangkan untuk cuaca saat Minggu (25/9), terang Adit, tidak terdapat potensi curah hujan tinggi dan banjir di wilayah Kalsel. 

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai cuaca di wilayah Kalimantan Selatan bisa mengunjungi halaman instagram kami di @cuacakalsel,” jelasnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Rifki Soelaiman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved