Berita HST

HST Kembali Siaga Banjir dan Tanah Longsor, Warga Barabai di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Sejak dinihari hingga Sabtu (24/9/2022) siang ini, wilayah hulu pegunungan Meratus maupun Barabai, ibu kota kabupaten terus diguyur hujan.

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
BPBD HST
Rumah warga di bantaran sungai Barabai yang rawan banjir 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Hujan dengan instensitas rendah, sedang dan tinggi terjadi di kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Sejak dinihari hingga Sabtu (24/9/2022) siang ini, wilayah hulu pegunungan Meratus maupun Barabai, ibu kota kabupaten terus diguyur hujan.

Dampaknya, air sungai di wilayah hulu kini dilaporkan mengalami peningkatan sekitar 2 meter.

Kepala Pelaksana BPBD HST, Budi Haryanto, yang dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan tim lapangan BPBD HST, peningkatan ketinggian air terjadi sejak pukul 11.10 wita di Sungai Batu Kiting dan sungai di wilayah Papagaran Desa Patikalain, Desa Tilahan Kecamatan Hantakan, dan Sungai Benawa di Desa Haliau serta Sungai Manggasang.

Baca juga: Banjir di Jalan Nasional Desa Damar Indah Tanahbumbu Mulai Surut

Baca juga: Jalan Nasional Desa Damar Indah Tanahbumbu Terendam, Pengendara Diimbau Waspada Arus Deras

Pemkab HST pun menyatakan HST kembali siaga banjir dan tanah longsor.

“Untuk itu kami mengimbau seluruh warga masyarakat HST tetap waspada namun tidak panik. Khususnya yang tinggal di bantaran sungai Barabai, daerah dataran rendah serta daerah rawan banjir,” kata Budi Haryanto.

Disebutkan, sampai pukul 13.50 wita, terpantau air menggenangi kawasan rumah penduduk di Desa Mangunang di Kecamatan Haruyan.

Selain patroli memantau ketinggian air, kata Budi, pihaknya juga memantai lokasi rawan tanah longsor, di Kecamatan Hantakan menggunakan mobil patrol serta dua unit sepada motor khusus patroli.

Sementara ketinggian Sungai Barabai sampai saat ini juga meningkat dengan arus deras dan membawa material sampah ranting bambu dan pohon.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved