Berita Banjarmasin

Wali Kota Ibnu Pesan ke Pengurus PAI Banjarmasin Agar Jadikan Anggrek Sebagai Daya Tarik Wisata

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, resmikan Taman Anggrek Bungas di Screen House dan pesan kepada pengurus PAI agar bisa dijadikan daya tarik wisata

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Wali Kota H Ibnu Sina, meresmikan Taman Anggrek Bungas di Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (24/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wali Kota H Ibnu Sina meresmikan Taman Anggrek Bungas di Screen House, Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (24/9/2022) pagi.

Taman Anggrek ini dihadirkan untuk upaya pelestarian dan konservasi anggrek apalagi Kalsel dikenal banyak memiliki anggrek alam atau anggrek species.  

Wali Kota H Ibnu yakin bahwa anggrek bisa dilestarikan dalam bentuk konservasi melalui taman anggrek yang berkolaborasi dengan DPC PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) Banjarmasin.

"Semoga semakin terus berkembang dan menjadikan anggrek sebagai daya tarik wisata di Banjarmasin," pesan Ibnu kepada pengurus PAI Banjarmasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, M Makhmud, menyampaikan sejarah berdirinya Taman Anggrek yang diawali pada 2006 dengan nama Screen House.

Baca juga: Sering Hujan di Kabupaten Tabalong, Jajaran Polsek Murung Pudak Patroli Lokasi Rawan Longsor

Baca juga: HST Kembali Siaga Banjir dan Tanah Longsor, Warga Barabai di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Baca juga: Banjir di Jalan Nasional Desa Damar Indah Tanahbumbu Mulai Surut

Saat itu dibangun pula Laboratorium Balai Benih Hortikultura yang diresmikan oleh Wali Kota Banjarmasin Yudhi Wahyuni pada 2007.

"Bangunan inu sudah pernah direnovasi pada 2015 kemudian dibangun juga Depo Jamur yang sekarang direnovasi ulang menjadi bangunan Sekretariat DPC PAI Banjarmasin," paparnya.

Pada 2022 Screen House bertransformasi menjadi Taman Anggrek Bungas

Di situ terdapat 12 jenis anggrek (Panda, Dendrobium Hybrid, Syimbidium, Te'bu, Golden Shower, Bulan Lokal, Oncidium, Acrides Odarata, Douglas, Catclya Asces Miniatum dan Apilum.

Serta, tiga jenis aglonema, yaitu hybrid Thailand, Siam Aurora dan Grace Pink.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten HST Sulit Hapus Tenaga Honorer, BKD Sebut Ini yang Terjadi Jika Dilakukan

Baca juga: Jalan Sehat Beputik Ratik di Kecamatan Banjarmasin Barat, 2 Pick Up Sampah Terkumpul

Baca juga: Baznas Banjarmasin Raih Penghargaan Kelembagaan Terbaik Tahun 2022

'Tujuan dibangunnya Taman Anggrek Bungas adalah sebagai tempat pembudidayaan dan pengembangan tanaman hias dan tanaman anggrek," jelasnya.

Juga sebagai tempat pembelajaran, pengetahuan kepada masyarakat yang ingin mengetahui tentang tanaman hias dan tanaman anggrek. Selain itu sebagai taman untuk bersantai.

Selain peresmian Taman Anggrek Bungas, di hari yang sama juga dilakukan pengukuhan jajaran DPC PAI Banjarmasin. Pengukuhan didelegasikan DPP ke DPD PAI Kalsel.

Ketua DPD PAI Kalsel Hj Arinda Dian Susanti, mengatakan, pihaknya percaya kepengurusan yang baru dikukuhkan dapat membawa warna dan masa depan cerah bagi pelestarian anggrek yang tentunya perlu dukungan walikota dan jajarannya.

"Kalimantan adalah wadah anggrek species, perlu dilakukan langkah nyata pelestarian dan konservasi. Kami juga terus melakukan pengenalan anggrek melalui media sosial dan lomba foto anggrek secara online yang pesertanya bahkan banyak dari luar Kalsel," tukasnya.

Pengukuhan dpc  Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Banjarmasin Sabtu (24092022).
Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPC PAI) Kota Banjarmasin oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah PAI Kalimantan Selatan, Hj Arinda Dian Susanti, di Taman Anggrek Bungas, Sabtu (24/9/2022).

Ketua PAI Banjarmasin Hj Siti Wasilah, menyatakan, pihaknya akan meningkatkan kesadaran warga kota untuk merawat anggrek

"Dengan tanaman anggrek, juga bisa menambah kecintaan pada alam dan menggelorakan spirit pelestarian flora Kalsel," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved