Berita Tanahlaut

BUMDes di Tanahlaut Ini Produksi Lahang Murni, Produknya Disebar ke Kios Hingga Dekranasda

BUMDes Mandiri Sejahtera yang berada di Desa Guntungbesar, Kecamatan Pelaihari memproduksi lahang. Minuman ini dari air nira atau aren

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Noor Afidah untuk BPost
KEMASAN - Direktur BUMDes Mandiri Sejahtera memantau proses pengemasan lahang murni di Desa Guntungbesar. Produk minuman manis segar ini dipastikan kemurniannya, Minggu (25/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), masing-masing berupaya mengembangkan usaha ekonomi produktifnya.

Contohnya BUMDes Mandiri Sejahtera yang berada di Desa Guntungbesar, Kecamatan Pelaihari. Meski baru berdiri sejak beberapa bulan lalu, namun kiprah usaha ekonominya mulai berdetak.

Catatan banjarmasinpost.co.id, Minggu (25/9/2022), setidaknya saat ini BUMDes Mandiri Sejahtera memproduksi lahang. Ini adalah minuman alami bersumber dari air nira atau aren.

Pengelola BUMDes tersebut mengemas lahang dalam kemasan cup dan botol volume 250 cc. Produknya dilabeli brand GMs atau kependekan dari Guntung Manis. 

Baca juga: Kuliner Kalsel : Segarnya Es Lahang Khas Kandangan, Punya Khasiat Penurun Darah Tinggi

Baca juga: Penjual Minuman Lahang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ini Mampu Jual 100 Gelas Per Hari

"Itu usaha yang sedang kami rintis. Alhamdulillah produksi sudah mulai berjalan lancar," ucap Direktur BUMDes Mandiri Sejahtera Noor Afidah.

Ia mengatakan minuman lahang produksi BUMDes-nya memiliki keunggulan tersendiri yakni terjaminnya kualitas.

"Produk kami ini murni tanpa campuran bahan apa pun," sebutnya.

Bahan bakunya pun juga bersumber dari pohon nira/aren yang berada di desa setempat. Karena itu, pihaknya memastikan kemurniannya dan hingga proses pengemasan juga tak ada bahan tambahan apa pun.

Lantaran murni itu pula sehingga untuk penyimpanan jangka panjang direkomendasikan disimpan di lemari es. 

Mengenai pemasaran, Afidah menuturkan saat ini telah disebar ke sejumlah kios/warung di wilayah Kecamatan Pelaihari maupun kecamatan lain di Tala. 

Di antaranya di wilayah Kecamatan Tambangulang dan Batibati. "Alhamdulillah tiap pekan mereka memesan. Jumlah pesanannya 100 cup/botol," paparnya.

Selain itu pihaknya juga menitipkan produk lahang murni tersebut di gerai produk IKM Dekranasda Tala di kawasan Jalan A Yani, Pelaihari.

Berapa harganya? "Kalau yang cup Rp 3.500, sedangkan yang boto Rp 7 ribu," sebut Afidah.

Baca juga: VIDEO Nikmatnya Minuman Lahang Bambu Khas Martapura yang Laris Manis

Promosi lainnya dikatakannya melalui sosial media maupun di grup social chat. Pihaknya juga melayani pesanan.

Pada Selasa kemarin, Afidah juga menjadi narasumber atau bintang tamu pada program Pojok IKM yang disiarkan secara live oleh LPPL Tuntung Pandang 102,3 FM. 

Selama satu jam sejak pukul 10.00 Wita, Afidah menceritakan geliat usaha yang dijalankan BUMDes yang dipimpinnya. Interaksi dari pendengar pun cukup intens. (Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved