Berita Tabalong

Hari Kelima Pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Tabalong, Pelamar dari Upau Masih Nihil

Data Bawaslu Kabupaten Tabalong, dari total 62 orang pelamar menjadi Panwascam, tersebar di 11 dari 12 kecamatan. Hanya Upau yang masih nihil.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Petugas Bawaslu Kabupaten Tabalong saat melayani calon pelamar untuk menjadi Panwaslu Kecamatan, Minggu (25/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Memasuki hari kelima pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan, Minggu (25/9/2022), Bawaslu Kabupaten Tabalong sudah mendapatkan 62 pelamar.

Meski begitu ternyata dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), hingga saat ini tidak satu pun terdapat pelamar dari Kecamatan Upau.

Data Bawaslu Tabalong, dari total 62 pelamar ini tersebar di 11 dari 12 kecamatan. Terdiri dari Kecamatan Banua Lawas 9 orang, Kecamatan Kelua 5 orang, Kecamatan Muara Harus 5 orang, Kecamatan Pugaan 6 orang, Kecamatan Tanjung  7 orang.

Kemudian, Kecamatan Tanta 8 orang, Kecamatan Murung Pudak 1 orang, kecamatan Haruai 4 orang, Kecamatan Muara Uya 3 orang, Kecamatan Jaro 6 orang, Kecamatan Bintang Ara 8 orang

Sementara itiu, berdasarkan jenis kelamin, dari 62 orang pelamar yang sudah masuk terdiri dari 42 orang laki-laki dan 20 orang perempuan.

Baca juga: Kebakaran di Tanbu Kalsel, Gudang Toko Sembako Ludes Dilalap Si Jago Merah

Baca juga: Hilang Terseret Air Saat Bermain, Begini Nasib Bocah 12 Tahun di Balangan Kalsel Saat Ditemukan

Anggota Bawaslu Tabalong, M Fahmi Failasopa, saat dikonfirmasi, membenarkan, masih belum ada pelamar dari Kecamatan Upau yang mendaftakan diri.

"Hingga saat ini hari kelima pendaftaran dari 12 kecamatan yang ada, belum ada pelamar yang berasal dari Kecamatan Upau,“ katanya 

Sesuai tahapan yang sudah ditetapkan masa pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu Kecamatan dilaksanakan 21-27 September 2022.

Menyikapi hal ini, lanjut Fahmi, pihaknya kemarin secara khusus datang ke wilayah Kecamatan Upau.

“Menyebar brosur dan menemui tokoh masyarakat serta Ketua RT," kata Koordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal, Bawaslu Tabalong ini.

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kalsel Meninggal Tenggelam Saat Melaut, Pagi Ini Dikebumikan

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kabupaten Tanahlaut Kalsel Hilang, Kelotok Ditemukan Terombang-ambing

Dengan apa yang dilakukan ini pihaknya berharap di sisa masa pendaftaran dan pengembalian berkas akan ada pelamar dari kecamatan Upau.

Sedangkan berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya walaupun tidak banyak tetap ada pelamar dari Kecamatan Upau.

Selain itu, Fahmi juga menyebut, untuk menarik minat pelamar ini sejak jauh-jauh hari telah dilakukan sosialisasi, baik lewat medsos, media massa dan juga pemasangan spanduk.

Bahkan pelayanan pun tetap dibuka pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 15.00 Wita.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved