Berita Tanahbumbu

Wujudkan Rencana SMA di Batulicin, Anggota DPRD Kalsel Ini Minta Pemkab Tanbu Siapkan Lahan

Muhammad Yani Helmi meminta Pemkab Tanbu bergerak cepat menyiapkan lahan terkait rencana pembangunan gedung SMA di Batulicin

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Muhammad Yani Helmi Saat Berkunjung ke Kantor Bupati Tanbu Untuk Sosialisasi Perda. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Harapan masyarakat di Kecamatan Batulicin  Kabupaten Tanahbumbu dibangunkan gedung SMA, terus bergulir.

Terkait harapan itu, Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi yang berkunjung ke Tanahbumbu pada Jumat lalu, kembali mengingatkan agar Pemkab Tanahbumbu bisa bergerak cepat. 

Sebab , dirinya sudah berkomunikasi dengan Kepala Bappeda Provinsi Kalsel yang siap mendukung itu. Begitu juga dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, juga sudah dikoordinasikan. 

"Saya sudah buka krannya dan semuanya oke siap mendukung itu. Sekarang tinggal giliran pemerintah daerah yang berkoordinasi untuk tindak lanjutnya, " kata Paman Yani sapaan akrabnya. 

Baca juga: Kebakaran di Tanbu Kalsel, Gudang Toko Sembako Ludes Dilalap Si Jago Merah

Baca juga: Kerusakan Jalan Nasional di Satui Tanbu Makin Parah, Satlantas Minta Pengendara Berhati-Hati

Diakuinya semua jalurnya sudah lampu hijau, dan Pemerintah Daerah harus segera menindaklanjutinya dengan ketentuan, Pemda harus siapkan lahan minimal 2 hektar dan berkoordinasi dengan provinsi. 

Lahan tersebut harus dihibahkan ke Provinsi Kalsel karena kewenangan SMA sekarang ada di Provinsi. 

" Ini penting untuk generasi kita agar tidak jauh-jauh ke kecamatan lain untuk menempuh pendidikan. Tinggal Pemda untuk tindak lanjutnya, " katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanahbumbu, Eka Saprudin, Minggu (25/9/2022) mengakui keberadaan SMAN di wilayah Kecamatan Batulicin memang sangat penting. 

Bila terkait lahan yang diperlukan, pihaknya siap untuk menyiapkan itu. Pihaknya akan segera komunikasikan dengan bagian aset, lahan yang mana tersedia dan strategis yang sebelumnya juga diiyakan Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar. 

" Ya, kita akui ini sangat penting sekali, khususnya di wilayah Kecamatan Batulicin, termasuk kecamatan Kusan Tengah yang juga belum miliki SMA. Kita juga komunikasikan dengan desa, siapa tahu ada yang mau hibah tanah juga yang lokasinya strategis, " katanya. 

Baca juga: Proyek Jembatan Api-api Kabupaten Tanbu Dinilai sebagai Amatiran, BPJN Kalsel Tegur Keras Kontraktor

Jika itu bisa terealisasi, setidaknya ada bangunan 3 lokal, kantor dan toiletnyam sehingga bisa langsung dipakai, dengan harapan di 2023 di tahun ajaran baru, sudah bisa digunakan. 

"Ini sangat dibutuhkan, kami akan persiapkan lahannya dulu dan berharap bisa segera terealisasi. Apalagi sekarang sistem zonasi, sehingga persaingan juga ketat," katanya.   

Diketahui, di kecamatan Batulicin belum ada SMA Negeri. Saat ini, hanya ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved