Berita Banjarmasin

Capaian Vaksin Booster Kalsel Stagnan, Dinkes Sebut Kehilangan Momen

Antusiasme masyarakat mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga menurun, dibanding saat jumlah kasus baru masih tinggi di Kalimantan Selatan.

Penulis: Milna Sari | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/milna sari
vaksinasi booster untuk siswa SMA SMK dan Madrasah Banjarbaru di SMAN 2 Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Capaian vaksinasi booster di Kalsel masih dibawah 30 persen.

Hal ini menurut Kadinkes Kalsel, dr Diauddin lantaran pemerintah sudah kehilangan momen untuk menggencarkan vaksinasi saat kasus covid 19 melonjak beberapa waktu lalu.

Jelasnya, Senin (26/9/2022) saat ini rata-rata capaian vaksinasi booster di provinsi-provinsi di Indonesia di kisaran 20 persen karena antusias masyarakat untuk vaksin sudah mulai turun.

Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga ini jauh menurun, dibanding saat jumlah kasus baru masih tinggi di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Harjad ke-496 Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin Gelar Tradisi Ziarah Makam Sultan Suriansyah

Baca juga: Viral Video Dugaan Penjambretan di Banjarmasin, Polisi Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Kondisi yang sama juga terjadi di seluruh Indonesia dimana pemerintah kehilangan momen untuk menggencarkan vaksinasi dosis ketiga di kalangan masyarakat seiring dengan melandainya jumlah kasus COVID-19," ujarnya.

Apalagi ujar dr Dia kondisi ini didukung sejumlah kebijakan pemerintah yang mulai melonggarkan aturan protokol kesehatan.

"Kondisi kasus Covid 19 kan kini juga sudah mereda, jadi antusias masyarakat untuk vaksin sudah mulai turun, dan covid 19 juga dianggap sudah lewat," katanya.

Kini ujar, dr Dia, Covid 19 juga tak lagi fokus utama karena yang tetap dilakukan hanya vaksinasi.

Dinkes Kalsel kini lebih fokus ke kasus kematian ibu dan bayi, stunting dan penyakit menular lainnya yang selama pandemi Covid 19 terbengkalai dua tahun.

Data Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan menunjukkan dalam sebulan terakhir ini, jumlah kasus baru COVID-19 terus mengalami penurunan.

Bahkan rata - rata dalam sehari terdata kurang dari 10 kasus baru COVID-19 di seluruh Kalimantan Selatan.

Baca juga: 23 Perwira di Polres Balangan di Tes Urine, Kapolres Blak-blakan Ungkap Hasilnya

Baca juga:  Dongkrak IPM, Dinkes Balangan Siapkan Grand Desain Pembangunan Kependudukan

Berdasarkan data Dinkesprov Kalsel kemarin Minggu (25/9/2022) tidak ada tambahan, 19 pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Kalimantan Selatan.

Data baru ini, membuat prosentase kesembuhan berada di angka 96,97 persen, atau total sebanyak 84.904 orang sudah sembuh dari COVID-19.

Data terbaru satgas penanganan COVID-19 Kalsel juga menunjukkan, ada tambahan 1 kasus baru terdata dan menjadikan kasus COVID-19 aktif berada di angka 0,08 persen.

Dengan kata lain, dari total 87.554 kasus yang terdata sejak Maret 2020, tersisa sebanyak 66 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan karantina khusus serta isolasi mandiri.

Sedangkan angka kematian hingga hari ini mencapai 2,95 persen, dengan total sebanyak 2.584 orang dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19 di Kalsel.

Banjarmasinpost.co.id / milna

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved