Tabalong Terdepan

Dorong Layanan Bansos Lebih Cepat dan Tepat Sasaran, Bupati Luncurkan Inovasi Lakas Dinsos Tabalong

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meluncurkan inovasi Lakas atau Layanan Kesejahteraan Sosial Dinsos Tabalong

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Prokopim Pemkab Tabalong
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani gunting pita tandai peluncuran inovasi Lakas Dinsos Tabalong, Senin (26/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG -Terobosan untuk membuat pelayanan bantuan sosial (bansos) bisa praktis dan tepat sasaran dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong dengan meluncurkan sebuah inovasi.

Inovasi yang digagas Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong dan diberi nama Lakas atau Layanan Kesejahteraan Sosial ini, dluncurkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Senin (26/9/2022) di Pendopo Bersinar.

Peluncuran yang jjga dirangkai dengan sosialisasi ini disaksikan unsur Forkopimda, beberapa kepala SKPD, camat, lurah dan kepala desa (kades) yang ada di Kabupaten Tabalong.

Kepala Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Abu Bakar Sidiq, menyampaikan, dalam inovasi Lakas ini ada 14 layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Dengan inovasi Lakas ini pengusulan permintaan layanan bantuan sosial (bansos) sudah bisa dilakukan secara online dan disertai juga  dengan informasi persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

“Kami tetapi juga berikan offline tetapi kita lebih mengutamakan online,“ ujar Abu.

Dalam mekansime pengusulan online ini, bisa disampaikan camat, lurah maupun kades dan kemudian akan diverifikasi  petugas dinsos di lapangan, baik itu dari fasilitator ataupun TKSK.

Ditambahkanya, dalam inovasi Lakas ini juga diberikan ruang layanan informasi dan pengaduan yang bisa diakses masyarakat.

“Siapa tahu masyarakat ingin tahu bagaimana mendapatkan layanan bantuan kematian, layanan usaha ekonomi produktif, pelayanan beaiswa, bantuan skripsi, layanan bantuan pangan daerah. Informasinya bisa 
dapatkan secara detil di dalam Lakas," ungkapnya.

Dengan dibuatnya inovasi Lakas ini diharapkannya pelayanan bansos ke masyarakat bisa semakin cepat dilakukan serta tepat sasaran.

Terpisah, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, memberikan apresiasi terhadap inovasi Lakas yang dibuat jajaran dinsos untuk bisa mempercepat layanan bansos ke masyarakat.

“Pemberian nama aplikasi Lakas ini saya kira sangat tepat, lakas ini dalam bahasa Banjar artinya cepat. Nah mudah-mudahan lakas ini secepat keinginan masyarakat keluaraga penerima manfaat untuk dapatkan bansos," ucapnya.

Bupati juga menyampaikan, saat ini distribusi bansos untuk masyarakat Tabalong  memang sudah cukup bagus dibandingkan sebelumnya.

Kondisi ini diharapkannya akan semakin lebih bagus lagi karena Tabalong selangkah lebih maju dengan berani meluncurkan aplikasi Lakas atau Layanan Kesejahteraan Sosial.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved