Berita Banjarmasin

Harjad ke-496 Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin Gelar Tradisi Ziarah Makam Sultan Suriansyah

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor hari inimelakukan ziarah ke makam Sultan Suriansyah

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina melakukan tabur bunga di Makam Sultan Suriansyah, Senin (26/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor hari ini, Senin (26/9/2022) pagi melakukan ziarah ke makam Sultan Suriansyah.

Ziarah ini sendiri tidak lain dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) ke 496 Kota Banjarmasin , dan merupakan tradisi yang rutin digelar oleh Pemko Banjarmasin.

Prosesi ziarah ini sendiri dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga semua kepala SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin.

Dalam melaksanakan prosesi ziarah di makam raja pertama di Kesultanan Banjar tersebut, Wali Kota dan unsur Forkopimda hingga kepala SKPD menggunakan pakaian adat Banjar.

Baca juga: Banjarmasin Sasirangan Festival 2022 Hadir Kembali Meriahkan Harjad Banjarmasin ke-496

Baca juga: Peringatan Harjad ke 496 Banjarmasin Bakal Dihadiri Wali Kota se Kalimantan

Kegiatan ziarah sendiri di antaranya diisi dengan dzikir hingga diisi dengan melakukan tabur bunga di  Komplek Makam Sultan Suriansyah, Jalan Kuin Utara No.220, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara. 

"Alhamdulillah sebagaimana tradisi biasa, kita melaksanakan ziarah ke makam Sultan Suriansyah dalam rangka Harjad Banjarmasin ke 496. Mudah-mudahan semua dapat keberkahan dari seluruh prosesi ini," ujar Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina 

Ibnu menambahkan pihaknya pun memang sengaja membiasakan tradisi berziarah ke makam Sultan Suriansyah khususnya pada momentum Harjad Kota Banjarmasin.

"Supaya kita ingat akan sejarah berdirinya kota," jelasnya.

Baca juga: Meriahkan Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin, Ribuan Goweser Antusias Tempuh Jarak 25 KM

Ibnu pun membeberkan sejarah Harjad Banjarmasin yang diperingati pada 24 September setiap tahunnya.

"Itu diambil dari masuk islamnya beliau (Sultan Suriansyah) yaitu 24 September 1526 atau hampir 500 tahun yang lalu," katanya.

Usai pelaksanaan ziarah, rombongan pun langsung mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Banjarmasin terkait Harjad Banjarmasin ke 496 yang dilaksanakan di Rattan Inn hotel.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved