Berita Tanahbumbu

Mekarkan 5 Desa, Bupati Tanbu Lantik 5 Pjs Kades

Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, melantikan 5 Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Persiapan

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Pelantikan Pjs Kades dan BPD Desa Persiapan di Tanbu, Senin (26/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BATULICIN -  Dalam upaya percepatan dan memaksimalkan pelayanan di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu kembali mekarkan 5 desa. 

Bahkan pada Senin (26/9/2022), Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, melantikan 5 Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Persiapan, di aula Bersujud kantor Bupati Tanahbumbu. 

Bukan hanya Pjs Kepala Desa, tetapi anggota BPDnya juga ikut dilantik bersamaan, untuk menjalankan roda pemerintah desa persiapan menuju definitif. 

Pelantikan tersebut dipimpin langsung Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, disaksikan anggota dewan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Samsir serta sejumlah kepala SKPD. 

Baca juga: Pemekaran Kecamatan Pangeran di Kabupaten Tanah Bumbu Terkendala Moratorium

Baca juga: Tolak Pemekaran dan Pemindahan Kota Kecamatan di HST, Tiga Fraksi DPRD Beberkan Alasannya 

Zairullah, menitipkan pesan kepada pejabat kepala desa dan aparatur desa serta BPD desa yang dilantik agar bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk mempersiapkan segala hal menuju desa definitif. 

"Kepala Desa punya tugas melaksanakan administrasi pemerintahan dan mempersiapakan desanya sampai dengan definitif dan miliki kepala desa baru, termasuk mempersiapkan lokasi kantor desa nantinya, " katanya. 

Lanjut Zairullah, aparatur desa juga punya tugas memfasilitasi semuanya untuk keberadaan kantor dan pelayanan kepada masyarakat. 

Selain itu, Pjs Kepala Desa juga harus menjalin kerjasama sebagai mitra terhadap BPD. Sebab, BPD ini sama halnya dengan DPRnya Pemerintah Daerah. 

"BPD punya tugas penting untuk melakukan pemgawasan. Namun paling penting adalah, antara Kades dan BPD harus bermitra dan bekerjasam untuk membnagun desa. Ini amanah dan senagai pemimpin, harus mementingjan kepentingan masyarakatnya, " katanya. 

Baca juga: Proses Pemekaran Kabupaten Gambut Raya 90 Persen, Ketua DPRD Kalsel Pastikan Ibu Kota di Gambut

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir, mengatakan pelantikan Pjs Kepala Desa dan BPD ini sebagai roda pemerintahan baru yang punya tugas mempersiapkan segalanya sebelum menjadi desa definitif. 

"Pemekaran yang dilakukan ini berdasarkan usulan masyarakat. Tujuannya agar pelayanan ditingkat desa bisa lebih cepat dan efisien dan pembangunan bisa lebih cepat. Ini sesuai keinginan Bupati yang menginginkan pelayanan lebih memudahkan masyarakat dan pembangunan bisa lebih cepat, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved