Sport

Persambi Kalsel Gelar Kejurprov Pertama di Banua, 140 Atlet Sambo Berpartisipasi

Kejurprov cabang olahraga (cabor) sambo untuk pertama kalinya digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penulis: Rifki Soelaiman | Editor: Hari Widodo
Persambi Kalsel untuk BPost 
Atlet Sambo yang sedang bertanding GOR Voli Stadion Mini Mulawarman, Banjarmasin, Senin (26/9/2022). 

BANJARMASIBPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) cabang olahraga (cabor) sambo untuk pertama kalinya digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bertempat di GOR Voli Stadion Mini Mulawarman kegiatan ini diikuti 140 peserta dari delapan Kabupaten/Kota se Kalsel pada Senin (26/9/2022).

Sekretaris Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalsel, Muhammad Ricky Fajar mengutarakan bahwa pada Kejurprov kali ini mempertandingkan 40 kelas  yang terdiri dari dua kategori yakni sport dan combat.

"Kelas yang kita pertandingkan sesuai kelas di internasional, ini kan ajang pemanasan jelang Porprov, jadi mereka ingin menambah pengalaman" tutur Ricky.

Baca juga: Seleksi untuk Asian Championship, Dua Atlet Sambo asal Tapin Ikuti Kejurnas di Bandung

Baca juga: Kali Pertama Kalsel Ikut Kejurnas di Jawa Barat, Atlet Sambo Janji Tak Tampil Mengecewakan

Masing-masing mempertandingkan 9 kelas untuk putera dan puteri serta kelas beregu. 

Ditambahkan Ricky jika kedepannya, cabang beladiri asal Rusia ini akan menggelar kejuaraan sistem series seperti yang diadakan di tingkat nasional. 

"Ini kita buat series pertama, karena untuk tahun depan rencananya akan kita adakan tiga hingga empat series sebagai bentuk pembinaan, apalagi Ketua Umum kita ( Persambi Kalsel) Paman Yani sangat peduli dan mendukung perkembangan sambo ini," imbuhnya. 

Sementara itu, panitia pelaksana juga tak ketinggalan mengucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak yang telah mendukung perkembangan cabang sambo di Banua ini, khususnya lewat kejuaraan provinsi seperti ini.

Baik kepada Pemerintah Daerah (Pemprov Kalsel), Dispora Kalsel, hingga sejumlah pihak pendukung lainnya seperti Bank Kalsel.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui Assisten III Bid Administrasi Umum Subhan Noor Yaumil yang membuka langsung kejuaraan ini menuturkan melihat adanya peluang prestasi bagus. 

Baca juga: Atlet Sambo Kalsel Ini Berharap Bisa Menjadi ASN

Betapa tidak, meski baru digelar pertama kali cabang ini sudah diminati banyak peserta.

"Inikan perpaduan cabang gulat dan judo, kalau diliat dari peserta peminatnya cukup banyak, sebagai cabang baru ini cukup menjanjikan apalgi di nasional bahkan internasional sudah berprestasi," pungkas Subhan. 

(Banjarmasinpost.co.id/Rifki Soelaiman)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved