Berita Kabupaten Banjar

Rekrutmen Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Banjar Minim Pendaftar dari Wilayah Pegunungan

Nihil pndaftar panwascam di wilayah pegunungan Kabupaten Banjar, Aranio, Cintapuri Darussalam, Sumber Makmur, Mataraman, Simpangempat, Telaga Bauntung

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Suasana pendaftaran calon petugas Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (26/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rekrutmen calon panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Kabupaten Banjar masih berlangsung dan dipenuhi pendaftar.

Itu terpantau di meja informasi dan pengecekan berkas pendaftaran yang berada di Kantor Sekretariat Bawaslu di Jalan Taisir, Kelurahan Jawa, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (26/9/2022).

Antusias pendaftar calon Panwaslu Kecamatan masih ditunggu Bawaslu Kabupaten Banjar hingga Selasa (27/9).

Berdasarkan update pendaftar calon Panwaslu Kecamatan di staf Sekretariat Bawaslu Banjar, masih ada kecamatan yang belum memenuhi kuota keperluan yang minimalnya 6 orang bakal calon pendaftar.

Minim pendaftar calon Panwaslu Kecamatan adalah di Aranio, Cintapuri Darussalam, Sumber Makmur, Mataraman, Simpangempat dan Telaga Bauntung.

Baca juga: Sidang Korupsi Bank BUMN di Marabahan, Saksi Sebut Terdakwa Terima Imbalan Loloskan Debitur Fiktif

Baca juga: Curi Handphone Dua Temannya, Pemuda Balangan Diamankan Satreskrim Polres Tabalong

Sedangkan pendaftar calon Panwaslu Kecamatan paling banyak adalah di Martapura Kota mencapai 24 orang dan dimungkinkan masih akan terus bertambah.

Penuturan Muji dan Nurani, yakni pendaftar calon Panwaslu Kecamatan Simpangempat, siap bersaing kendati bersahabat akrab.

Pengalaman Muji dalam penyelenggaraan pemilu pernah dilakukan saat menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desanya di Kecamatan Mataraman.

"Saya mendaftar sebagai Panwaslu Simpangempat karena pindah domisili," katanya.

Sedangkan Ulfi, mantan panitia pengawas Kelurahan Sekumpul pada pilkada serentak 2021, mengaku mendaftar ingin menyumbang kemampuan.

Baca juga: Viral Video Dugaan Penjambretan di Banjarmasin, Polisi Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

Baca juga: Gencarnya Vaksinasi di Kalsel Terkendala Stok Vaksin Covid-19 yangl Menipis

Berbekal pengalaman sebagai pengawas pemilu di tingkat Kelurahan Sekumpul, berharap terpilih sebagai Panwaslu Kecamatan Martapura.

"Banyak kerugian tenaga, biaya dan waktu jika pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden pada 2024 nanti terjadi seperti Pilkada Gubernur Kalsel, yaitu pemilihan suara ulang," katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjar, Fajeri Tamzidillah, membenarkan mengenai masih minim pendaftar calon Panwaslu Kecamatan.

Kondisi itu diakuinya pernah dialami pada pelaksanaan pemilu 2019, juga pada Pilkada Gubernur dan Bupati  pada 2020.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved