Berita HSS

Sebanyak 11 Anggota Parpol Ditemukan Ganda Eksternal di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

KPU Kabupaten HSU temukan 11 orang jadi anggota ganda dua partai. Pengurus PKB HSS tegaskan 5 orang tetap gabung, 1 orang dicoret sebagai anggota.

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/EKA PERTIWI
Ketua KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Bisa Guslaili Rahmadina. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pendaftaran partai politik dan anggota partai politik sudah dibuka sejak Agustus 2022. 

Kini, KPU sedang proses administrasi perbaikan. Termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Total ada 23 partai politik yang mendaftar dengan anggota mencapai 9 ribu orang. Dan dari 9 ribu ini, 11 orang ditemukan ganda eksternal. 

Ketua KPU HSS, Bisa Guslaili Rahmadina, mengatakan, 11 orang ganda eskternal ini merupakan anggota partai yang ganda dalam keanggotan serta ganda membuat surat pernyataan keanggotaan partai politik.

Baca juga: Pulang Futsal, Pelajar SMKN 2 Amuntai Meninggal Kecelakaan di Paliwara Kabupaten Hulu Sungai Utara

Baca juga: Turnamen Futsal Piala Ketua KONI dan Afkot Banjarbaru Ricuh, Seorang Menderita Lebam di Pelipis

Baca juga: Hilang Terseret Air Saat Bermain, Begini Nasib Bocah 12 Tahun di Balangan Kalsel Saat Ditemukan

Sebenarnya dari 9 ribu tersebut banyak ditemukan ganda. Namun, ganda dalam hal ini hanya bersifat internal dan hanya 11 orang yang benar-benar ganda keanggotaan dari dua partai dan dilengkapi dengan dua pernyataan. 

Dijelaskannya, semua yang ganda tersebut diminta klarifikasi dan memilih partai politik mana yang dipilih. Lalu, hanya 5 orang yang datang ke KPU HSS untuk klarifikasi dan sisanya berarti dihapus dari keanggotaan partai politik. 

Dari ditemukannya anggota partai yang ganda eksternal di Kabupaten HSS, paling banyak dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Dari 11 ganda itu, enam di antaranya anggota Partai PKB. Saat dikonfirmasi kepada Ketua DPC PKB HSS, Yuniarti, dikatakannya bahwa mereka bebas memilih ingin ke partai mana.

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kalsel Meninggal Tenggelam Saat Melaut, Pagi Ini Dikebumikan

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kabupaten Tanahlaut Kalsel Hilang, Kelotok Ditemukan Terombang-ambing

Baca juga: Kebakaran di Tanbu Kalsel, Gudang Toko Sembako Ludes Dilalap Si Jago Merah

Akan tetapi, lanjutnya, dari 6 orang yang ditemukan ganda itu sebanyak 5 orang diantaranya sudah menyatakan sikap untuk tetap di PKB.

Sedangkan satu diantaranya dicoret.  "Mereka sudah membuat pernyataan. Kami juga sempat melakukan klarifikasi," katanya.

(Banjarmasinpost.co.od/Eka Pertiwi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved