Berita Tanahbumbu

Lokasi Lahan Ditinjau Tim Kemenaker, Kadisnakertrans Tanbu Berharap BLK Terbangun di 2023

Tim Survey Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker telah meninjau usulan lokasi BLK di Tanbu

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Disnakertrans Tanbu untuk BPost
Tim Survey Kemenaker, Saat Tinjau Lapangan lokasi rencana pembangunan BLK di Tanbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Usulan Bupati Tanahbumbu (Tanbu) HM Zairullah Azhar, untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) dengan standar Nasional kini telah ditindaklanjuti Kementrian Ketenagakerjaan RI.

Bahkan, Tim Survey Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), sudah melakukan tinjau lapangan di Tanah Bumbu, beberapa hari yang lalu. 

Tim ini melakukan identifikasi lahan untuk pembangunan Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Latihan Kerja (BLK) yang direncanakan berlokasi  di laham Kapet Batulicin

"Ada sebanyak empat titik lokasi yang disurvey oleh Tim Kemenaker terkait pembangunan UPTP BLK di Tanbu,” ujar Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanbu H Avian Noor, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Kerjasama Dengan UPTD BLK Tanbu, Warga Binaan Lapas Batulicin Dilatih Ngelas

Baca juga: Tekan Angka Pengangguran, BLK Disnaker Tapin Buka Pelatihan Otomotif

Empat lokasi tersebut berada di kawasan pengembangan ekonomi terpadu (KAPET) Batulicin di Desa Sarigadung Kecamatan Simpangempat.

Dari empat lokasi yang disurvey, maka selanjutnya ditentukan satu lokasi untuk pembangunan BLK tersebut. Sedangkan dari pemerintah daerah Tanbu menyiapkan langkah selanjutnya seperti proses hibah lahan.

“Terkait lahan yang diperlukan untuk pembangunan UPTP BLK setidaknya dibutuhkan lahan minimal 5 sampai 10 hektare,”terangnya.

Ia berharap, pembangunan UPTP BLK Tanbu ini segera terbangun di tahun 2023 sehingga keberadaan BLK bisa menjadi wadah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanbu.

Dengan begitu,  mampu mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan ekonomi kerakyatan sebagaimana yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanahbumbu.

"Rencana pembangunan BLK ini, sudah standar Nasional. Dan Nasional biasanya mengikuti standar Internasional dan kelebihannya bisaenyesuaikan pelatihan sesuai kebutuhan, " katanya.

Baca juga: BLK Tanahlaut Gelar Kembali Pelatihan Tahap Dua, Pendaftar Kejuruan Komputer Membeludak

Sementara itu, Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, belum lama tadi mengungkapkan, bahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur Kalsel terkait lahan di Kapet itu. 

"Kita sudah koordinasikan dan lahan itu siap dihibahkan untuk mendukung kawasan industri. Dengan adanya BLK sangat membantu mengurangi pengangguran, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved